Persepsi Terhadap Risiko Belanja Dengan Kepercayaan Konsumen Online Shop
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pesepsi terhadap risiko dengan kepercayaan konsumen online shop. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara persepsi terhadap risiko dengan kepercayaan konsumen online shop. Semakin tinggi persepsi terhadap risiko belanja, maka semakin renadah kepercayaan konsumen online shop. Untuk menguji hipotesis ini, peneliti melakukan pengambilan data menggunakan skala kepercayaan konsumen yang diadaptasi dari Amri(2007) yang disusun berdasarkan teori dari Mowen dan Michael (2002) dan skala persepsi risiko yang diadaptasi dan disusun berdasarkan teori Featherman dan Pavlou (2003). Skala tersebut disebarkan kepada 191 individu yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan dengan rentang usia 17 - 34 tahun. Dimana subjek tercatat sebagai pelajar sampai yang sudah bekerja, dengan penghasilan yang diperoleh perbulan mulai dari lima ratus ribu rupiah sampai tiga juta rupiah ke atas. Individu tersebut pernah menggunakan atau berbelanja melalui online shop dengan frekuensi belanja minimal satu kali. Hasil penelitian ini adalah adanya hubungan antara persepsi terhadap risiko dan kepercayaan konsumen online shop (r = -0.479 p<0.01), sehingga hipotesis diterima.
Kata kunci : kepercayaan konsumen, persepsi risiko, online shop
Collections
- Psychology [2177]