Model Integrasi Pendidikan Agama Islam Dengan Ilmu Pengetahuan Umum Dalam Proses Pembelajaran Di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta
Abstract
Abdollah Faruk (NIM: 12913190). Model Integrasi Pendidikan Islam
Dengan Ilmu Pengetahuan Umum Dalam Proses Pembelajaran Di SMP IT Abu
Bakar Yogyakarta. Tesis, Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam
Indonesia, Yogyakarta 2017.
SMP IT muncul sebagai alternatif solusi dari keresahan sebagian
masyarakat muslim yang menginginkan adanya institusi pendidikan Islam yang
berkomitmen mengamalkan nilai-nilai Islam dalam sistemnya, dan bertujuan
agar siswa-siswinya mempunyai kompetensi seimbang antara ilmu kauniyah dan
qauliyyah, antara fikriyah, ruhiyah dan jasadiyah.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengetahui model integrasi yang
diterapkan dalam proses pembelajaran. 2). Mengetahui strategi pembelajaran
integratif yang diterapkan. 3). Menginventarisasir daya dukung yang diperlukan
dalam pelaksanaan model integrasi pembelajaran di SMP Abu Bakar Yogyakarta.
Fokus penelitian ini adalah 1). Bagaimana model integrasi yang diterapkan
dalam proses pembelajaran 2). Bagaimana strategi pembelajaran integratif yang
diterapkan 3). Apa saja daya dukung yang diperlukan dalam pelaksanaan model
integrasi pembelajaran di SMP Abu Bakar Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
menggunakan penjelasan deskriptif. Objek penelitian dilakukan di SMP IT Abu
Bakar Yogyakarta. Metode pengumpulan data berupa wawancara dan observasi.
Dengan kerangka teori: Penyatuan antara ilmu-ilmu Agama Islam dengan ilmuilmu
pengetahuan umum.
Hasil penelitian menunjukan model pembelajaran integrative IFIAS
(International Federation of Institutes of Advance Study) yaitu pembentukan
karakter siswa melalui penanaman nilai-nilai Islam (penanaman Tauhid). Strategi
pembelajran yang diterapkan adalah strategi pembelajaran integratif dengan
mengintegrasikan muatan nilai keislaman dalam semua pelajaran baik di kelas
maupun di luar kelas, didukung dengan pergedungan, laboratorium, computer,
perpustakaan, karyawan dan guru yang profesional.
Kata Kunci: Model Proses Pendidikan Islam Integratif