Show simple item record

dc.contributor.advisorProf. Dr. Faisal Ismail, M
dc.contributor.authorTIKA NUR PATRISIA
dc.date.accessioned2021-10-04T10:27:17Z
dc.date.available2021-10-04T10:27:17Z
dc.date.issued2021-06-23
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/32974
dc.description.abstractOrientasi tujuan pendidikan nasional diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan lahir batin, material dan spiritual, yang di dalamnya termasuk pembinaan generasi muda sebagai penerus perjuangan bangsa. Penerus bangsa yang dimaksud adalah yang memiliki karakter kuat dari segi mental maupun spiritual. Hal ini juga berlaku pada anak-anak berkebutuhan khusus. Anak-anak tersebut harus diperhatikan dan tidak boleh dibedakan. Yang ditemukan di lapangan, bahwa anak-anak tersebut tidak ada peningkatan dalam bidang pendidikan agama islam. Baik itu dari segi pengetahuan, maupun praktek. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan peneliatiannya adalah Kepala, guru Sekolah Luar Biasa (SLB) Samara Bunda yang masih aktif dalam proses pembelajaran di sekolah tersebut, serta beberapa wali murid SLB Samara Bunda. Teknik pengambilan data diperoleh dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data mengambil teori dari Miles dan Huberman yaitu menganalisis secara terus menerus sampai tuntas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kesesuaian antara kurikulum sekolah, dengan visi misi, serta metode yang digunakan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya proses kegiatan pembelajaran yang tertulis di Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah mengatur proses pembelajaran. Adanya program lanjutan seperti TPA, sholat berjamaah, berwudlu bersama-sama telah mampu meningkatkan pembelajaran pendidikan agama Islam di SLB Samara bunda. Pengintegrasian kedua metode tersebut didukung dengan adanya faktor penting dalam pelaksanaan metode tersebut, yaitu guru, yang didukung oleh adanya komitmen orang tua dalam mendukung dan mengevaluasi capaian anak ketika berada di rumah. Hasil pembelajaran pada siswa tingkat akhir menunjukkan adanya konsistensi dalam melaksanakan ibadah-ibadah hariah seperti shalat, atau dari sisi penguasaan materi.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectImplementasi pembelajaran PAI untuk anak autisen_US
dc.titleImplementasi Pembelajaran Agama Islam Pada Anak Autis Di Slb Samara Bunda Rejowinangun, Kotagede, Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM19913049


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record