Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Dra. Djunanah, MIS
dc.contributor.authorAHMAD PRAKOSA
dc.date.accessioned2021-10-04T10:01:06Z
dc.date.available2021-10-04T10:01:06Z
dc.date.issued2021-06-23
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/32972
dc.description.abstractManuver pola pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Perguruan Tinggi (PT) dewasa ini justru semakin mengkhawatirkan. Rancang bangun yang dicanangkan pun tak lebih untuk mengejar status quo serta besaran angka. Pembelajaran pun makin terdesak dengan konsep mutakhir dan cepat, ditambah dengan konsep pembelajaran asing yang diimpor dari berbagai belahan dunia. Hal inilah yang menjadikan subjek belajar, berkompetisi dari dan untuk keabsurdan. Mode pembelajaran organik pun terasingkan dari negerinya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mereorientasikan ajaran kawruh begja sawentah dan upaya asimilasi pola pembelajaran PAI di PT dengan kawruh begja sawentah. Penelitian ini berjenis kualitatif study literature, yang menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah buku-buku mengenai Kawruh begja sawentah, pembelajaran, serta berbagai literature lainnya baik dalam bentuk hard file maupun soft file. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan konten analisis. Kawruh begja sawentah sebagai konsep ilmu kebahagiaan yang digagas oleh Ki Ageng Suryomentaram dibutuhkan dalam pola pembalajaran Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi, dimana modern ini mengalami berbagai dekadensi, yang mengakibatkan optimalisasi serta nilai pembelajaran yang diupayakan antithesis dengan hakikat pembelajaran itu sendiri. Pada akhirnya kawruh begja sawentah akan membantu proses belajar menjadi lebih bahagia, mengoptimalkan usaha serta berdampak positif baik secara internal maupun eksternal dalam pembelajaran PAI di PT.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectPola pembelajaranen_US
dc.subjectkawruh begja sawentahen_US
dc.titleKawruh Begja Sawentah Alternatif Pola Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggien_US
dc.Identifier.NIM19913024


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record