Show simple item record

dc.contributor.advisorFathul Wahid ST., M.Sc., Ph.D.
dc.contributor.authorNovia Vazela
dc.date.accessioned2021-10-04T01:25:48Z
dc.date.available2021-10-04T01:25:48Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/32942
dc.description.abstractKurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pembelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Kurikulum akan menghasilkan mata kuliah beserta kode mata kuliah, keluasan, kedalaman, beban serta jumlah sks per mata kuliah. Mata kuliah yang dihasilkan dari pengembangan kurikulum memiliki silabus dan rubrik sebagai acuan dalam proses pembelajaran. Silabus merupakan seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian. Sedangkan rubrik merupakan cara penilaian yang akan menjadi acuan untuk penilaian selama proses pembelajaran. Dalam menyusun silabus dan rubrik tim dosen mengalami kesulitan menentukan silabus dan rubrik seperti apa yang akan dibuat supaya sesuai dengan kurikulum yang ada. Untuk mengatasi kesulitan karena tidak ada wadah untuk dosen dalam manajemen mata kuliah dengan mudah maka harus ada suatu aplikasi yang dapat memudahkan dosen dalam membuat silabus dan rubrik yang otomatis terhubung ke aplikasi pengembangan kurikulum sehingga silabus dan rubrik yang dibuat sesuai dengan kurikulum yang ada. Aplikasi yang dibangun ini menggunakan metode prototipe. Pengertian dari metode prototipe yaitu pengembang dan klien bertemu untuk menjelaskan kebutuhan-kebutuhan klien pada aplikasi yang akan dibangun dan proses interaksi dilakukan secara berulang-ulang. Proses yang terjadi secara berulang-ulang terdiri dari proses mendengarkan pengguna, membangun prototipe, dan menguji prototipe. Proses tersebut akan dilakukan sampai klien merasa puas dengan prototipe yang telah dibangun. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pengembang berhasil memberikan wadah bagi dosen dalam memanajemen mata kuliah yang sesuai dengan pengembangan kurikulum. Hasil penelitian tersebut didapatkan dengan menggunakan metode ptototipe. Dalam menggunakan metode prototipe tersebut pengembang dan klien melakukan tiga kali proses iterasi. Kata Kunci: Kurikulum, Silabus, Rubrik, Rancangan Pembelajaran, Metode Prototipeen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectSilabusen_US
dc.subjectRubriken_US
dc.subjectRancangan Pembelajaranen_US
dc.subjectMetode Prototipeen_US
dc.titleAplikasi Manajemen Mata Kuliah Berdasarkan Pengembangan Kurikulumen_US
dc.Identifier.NIM12523158


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record