Show simple item record

dc.contributor.advisorAhmad Luthfi, S.Kom., M.Kom.
dc.contributor.authorJonathan Akbar
dc.date.accessioned2021-10-01T10:23:51Z
dc.date.available2021-10-01T10:23:51Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/32939
dc.description.abstractKeberadaan teknologi informasi kini telah merambah pada seluruh aspek kehidupan manusia tanpa memandang usia penggunanya. Keberadaan informasi menjadi soal yang utama dalam setiap orang, apalagi dengan komunikasi. Hal ini sangat berkaitan dalam peluang yang didapatnya. Komunikasi dan informasi menjadi layanan yang sangat penting bagi lingkungan fakultas dan masyarakat pada umumnya. Di lingkungan fakultas sendiri komunikasi sangat penting karena sangat berhubungan langsung dengan proses belajar mengajar. Contohnya, ketika dosen maupun mahasiswa yang membutuhkan pegawai admin fakultas atau menginginkan sebuah informasi berkaitan dengan proses belajar mengajar, karena mengingat jaraknya yang lumayan jauh antara kelas dan bagian ruang jurusan dengan adanya aplikasi Voice over Internet Protocol ini dengan pengaksesan layanan Interactive Voice Respone di smartphone android merupakan layanan yang sangat strategis untuk fakultas dalam melayani dosen maupun mahasiswa karena mempermudah dalam pencarian sebuah informasi pada fakultas. Dapat dilihat saat ini server cloud (ESXi) sangat mudah dalam penggunaan dibandingkan dengan server fisik dan juga dapat menghemat penggunaan server secara fisik. Sistem cloud merupakan kumpulan server yang tersambungan dengan sebuah jaringan internet berupa LAN dan WAN. Tetapi pada sisi pengguna dapat melihatnya sebagai sebuah server fisik. Penelitian ini difokuskan untuk membuat sistem VoIP dengan pengaksesan layanan IVR Call Center berbasis cloud server. Dimana client dapat mengakses layanan penggilan ini dengan menekan tombol ekstension yang sudah ditentukan dan langsung terhubung langsung dengan server Elastix pada menu PBX yang ada pada server, kemudian client akan dipandu melalui sistem IVR untuk memilih layanan fakultas yang diinginkan. Kesimpulannya pada Implementasi VoIP server (Elastix) pada pengaksesan layanan Interactive Voice Respone melalui jaringan cloud berhasil dilakukan. kemudian pada kualitas yang digunakan pada saat layanan IVR berjalan dapat disimpulkan bahwa kualitas yang didapatkan sesuai standar yang ada, dengan total nilai throughput 29814.985 kbps, packet loss 0%, delay 0,00936 ms,dan jitter 0,9783 ms yang masih pada kategori baik. Dan Hasil Kuisioner ini dapat diketahui kelayakan pada sistem yang digunakan oleh pengguna dan dapat disimputkan bahwa skor pada manfaat aplikasi 90,90 %, kualitas sistem 76,64 % dan kinerja sistem 93,46 %. Kata Kunci : Elastix, Voice over Internet Protocol, Interactive Voice Responeen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectElastixen_US
dc.subjectVoice over Internet Protocolen_US
dc.subjectInteractive Voice Responeen_US
dc.titleStudi Dan Implementasi Elastix Sebagai Voip Server Dalam Infrastruktur Cloud Computing Dengan Layanan Interactive Voice Responeen_US
dc.Identifier.NIM12523079


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record