Studi Dan Implementasi Elastix Sebagai Voip Server Dalam Infrastruktur Cloud Computing Dengan Layanan Interactive Voice Respone
Abstract
Keberadaan teknologi informasi kini telah merambah pada seluruh aspek kehidupan
manusia tanpa memandang usia penggunanya. Keberadaan informasi menjadi soal
yang utama dalam setiap orang, apalagi dengan komunikasi. Hal ini sangat berkaitan
dalam peluang yang didapatnya. Komunikasi dan informasi menjadi layanan yang
sangat penting bagi lingkungan fakultas dan masyarakat pada umumnya. Di lingkungan
fakultas sendiri komunikasi sangat penting karena sangat berhubungan langsung
dengan proses belajar mengajar. Contohnya, ketika dosen maupun mahasiswa yang
membutuhkan pegawai admin fakultas atau menginginkan sebuah informasi berkaitan
dengan proses belajar mengajar, karena mengingat jaraknya yang lumayan jauh antara
kelas dan bagian ruang jurusan dengan adanya aplikasi Voice over Internet Protocol
ini dengan pengaksesan layanan Interactive Voice Respone di smartphone android
merupakan layanan yang sangat strategis untuk fakultas dalam melayani dosen maupun
mahasiswa karena mempermudah dalam pencarian sebuah informasi pada fakultas.
Dapat dilihat saat ini server cloud (ESXi) sangat mudah dalam penggunaan
dibandingkan dengan server fisik dan juga dapat menghemat penggunaan server secara
fisik. Sistem cloud merupakan kumpulan server yang tersambungan dengan sebuah
jaringan internet berupa LAN dan WAN. Tetapi pada sisi pengguna dapat melihatnya
sebagai sebuah server fisik. Penelitian ini difokuskan untuk membuat sistem VoIP
dengan pengaksesan layanan IVR Call Center berbasis cloud server. Dimana client
dapat mengakses layanan penggilan ini dengan menekan tombol ekstension yang sudah
ditentukan dan langsung terhubung langsung dengan server Elastix pada menu PBX
yang ada pada server, kemudian client akan dipandu melalui sistem IVR untuk memilih
layanan fakultas yang diinginkan. Kesimpulannya pada Implementasi VoIP server
(Elastix) pada pengaksesan layanan Interactive Voice Respone melalui jaringan cloud
berhasil dilakukan. kemudian pada kualitas yang digunakan pada saat layanan IVR
berjalan dapat disimpulkan bahwa kualitas yang didapatkan sesuai standar yang ada,
dengan total nilai throughput 29814.985 kbps, packet loss 0%, delay 0,00936 ms,dan
jitter 0,9783 ms yang masih pada kategori baik. Dan Hasil Kuisioner ini dapat diketahui
kelayakan pada sistem yang digunakan oleh pengguna dan dapat disimputkan bahwa
skor pada manfaat aplikasi 90,90 %, kualitas sistem 76,64 % dan kinerja sistem 93,46
%.
Kata Kunci : Elastix, Voice over Internet Protocol, Interactive Voice Respone
Collections
- Informatics Engineering [2143]