Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Dra. Rahmani Timorita Y., M.Ag.
dc.contributor.authorDevi Fitria Indriyanti
dc.date.accessioned2021-09-29T01:05:43Z
dc.date.available2021-09-29T01:05:43Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/32836
dc.description.abstractPengaruh Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumsi Islami yang dilakukan oleh para Santri di Pondok Pesantren dipengaruhi oleh beberapa Variabel. Variabel tersebut didasari oleh gaya hidup terhadap perilaku konsumsi islami. Dalam penelitian ini mengkaji beberapa variabel gaya hidup yaitu variabel aktifitas, minat dan opini yang mempengaruhi perilaku konsumsi islami di Pondok Pesantren Al- Anwar Bantul Yogyakarta. Selain itu penelitian ini juga mengkaji tentang apakah perilaku konsumsi itu sendiri berpengaruh terhadap gaya hidup di Pondok Pesantren Al-Anwar Bantul telah sesaui jika dilihat dalam perspektif ekonomi islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan jenis penelitian kuantitatif. Untuk menganalisis data hasil penelitian digunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan uji analisis regresi linear berganda, yaitu uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel aktifitas dan variabel minat berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumsi islami di Pondok Pesantren Al-Anwar Bantul. Sedangkan variabel opini tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumsi islami. Dalam penelitian ini variabel yang berpengaruh dominan terhadap perilaku konsumsi islami adalah variabel minat. Secara simultan diketahui bahwa nilai probabilitas dan signifikasinya 0,000 < 0,05 yang artinya variabel aktifitas, variabel minat dan variabel opini secara bersama-sama berpengaruh terhadap perilaku konsumsi islami di Pondok Pesantren Al-Anwar Bantul. Berdasarkan nilai R Square yang dihasilkan sebesar 0,859 memiliki arti bahwa 85,9% perilaku konsumsi islami di Pondok Pesantren Al-Anwar Bantul dijelaskan oleh variabel aktifitas, variabel minat dan variabel opini, dan 14,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Perilaku Konsumsi Islami di Pondok Pesantren Al-Anwar Bantul telah sesuai jika dilihat dalam perspektif ekonomi islam. Sebagian besar santri memutuskan untuk hidup secara sederhana tidak suka yang bermewah-mewahan menghindari boros dan kemubadziran. Kata kunci :Gaya Hidup, Perilaku Konsumsi, Perilaku Konsumsi Islami, Pondok Pesantrenen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectGaya Hidupen_US
dc.subjectPerilaku Konsumsien_US
dc.subjectPerilaku Konsumsi Islamien_US
dc.subjectPondok Pesantrenen_US
dc.titlePengaruh Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumsi Islami Di Pondok Pesantren Al-Anwar Bantul Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM12423061


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record