Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. Imam Mujiono, M.Ag
dc.contributor.author12422044 Fitri Ambarwati
dc.date.accessioned2021-09-28T08:57:13Z
dc.date.available2021-09-28T08:57:13Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/32833
dc.description.abstractMetode pembelajaran mempunyai peran yang sangat penting dalam mencapai suatu tujuan pembelajaran. Pembelajaran yang efektif adalah sebuah pembelajaran yang melibatkan semua siswa dalam proses belajar mengajar. Artinya bahwa siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran atau pembelajaran yang berpusat pada siswa. Akan tetapi, pada kenyatannya di beberapa sekolah masih menerapkan metode pembelajaran konvensional yaitu dengan metode ceramah, sehingga siswa kurang mempumyai kesempatan untuk berinteraksi atau berperan aktif dalam proses belajar. Penelitian ini difokuskan pada penerapan metode pembelajaran kolaboratif di SMP Negri 1 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif kuantitatif melalui analisa statistik dengan fokus pada dua hal, pertama bagaimana penerapan metode pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Agama Islam kelas VIII di SMP Negri 1 Magelang. Kedua, seberapa besar pengaruh metode pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Agama Islam kelas VIII di SMP Negri 1 Magelang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil yaitu pembelajaran kolaboratif yang diterapkan di SMP Negri 1 Magelang yaitu metode pembelajaran kolaboratif dengan pendekatan diskusi, dimana siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan permasalahan atau isu berkaitan dengan materi Agama Islam. Metode pembelajaran kolaboratif di SMP Negri 1 Magelang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan nilai R Square sebesar 0,040 berarti bahwa variabel metode pembelajaran kolaboratif mempunyai pengaruh terhadap variabel hasil belajar siswa. Nilai R menunjukkan hasil pengaruh sedang dengan hasil 0,119 dan berpola linier positif. Sedangkan, hasil belajar siswa menunjukkan mean 92,0 dari hasil nilai UTS siswa. Penelitian ini merekomendasikan perlunya menerapkan metode pembelajaran kolaboratif karena metode ini berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Selain itu juga, siswa lebih berperan aktif dalam proses belajar mengajar. Kata kunci: metode pembelajaran kolaboratif, hasil belajar, siswa aktifen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectmetode pembelajaran kolaboratifen_US
dc.subjecthasil belajaren_US
dc.subjectsiswa aktifen_US
dc.titlePengaruh Metode Pembelajaran Kolaboratif terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Agama Islam Kelas VIII di SMPN 1 Magelangen_US
dc.Identifier.NIM12422044


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record