Show simple item record

dc.contributor.advisorIr. Hartomo Soewardi, M.Sc., Ph.D.,
dc.contributor.authorNUZILA PUTRI AL-BANA
dc.date.accessioned2021-09-22T07:59:18Z
dc.date.available2021-09-22T07:59:18Z
dc.date.issued2021-03-26
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/32678
dc.description.abstractMenurut data Badan Pusat Statistika (2016) adanya kenaikan jumlah perusahaan penyedia jasa konstruksi di Indonesia setiap tahunnya, seiring dengan peningkatan jumlah proyek yang ada. Hal ini menyebabkan adanya persaingan yang ketat antar perusahaan penyedia jasa konstruksi. Persaingan yang cukup tinggi dengan perusahaan konstruksi lainya dan target perusahaan untuk memperluas pangsa pasarnya ke kancah internasional membuat PT Pola Data Consultant harus memiliki strategi pemasaran dan bisnis yang tepat dan inovatif. Salah satu media yang digunakan untuk menjalankan strategi ini adalah pemanfaatan website. Melalui website, PT Pola Data Consultant ingin memperlihatkan keunggulan yang dimilikinya dibandingkan dengan perusahaan penyedia jasa konsultan kontruksi lainya. Namun, website yang dimiliki saat ini belum memadai untuk dijadikan sebagai media pengenalan dan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang ulang website PT Pola Data Consultant guna meningkatkan tingkat kebergunaan dan tanggapan dari website. Sebanyak 30 responden terlibat dalam penelitian ini, Perancangan ulang website menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa tingkat kebergunaan pada website awal diketahui bahwa tingkat efektivitas sebesar 95,20% dengan error sebanyak 34 kali, efisiensi sebesar 228,26 detik, dan tingkat kepuasan masuk kedalam kategori puas. Hasil pengukuran tingkat tanggapan pengguna terhadaap website awal masuk kedalam kategori excellent dengan nilai akhir sebesar 84,74%. Sedangkan, tingkat kebergunaan pada website perbaikan diketahui bahwa tingkat efektivitas sebesar 99,23% dengan jumlah kesalahan sebanyak 14 kali, efisiensi sebesar 153,20 detik, dan tingkat kepuasan masuk kedalam kategori puas. Hasil pengukuran tingkat tanggapan pengguna terhadaap website perbaikan masuk kedalam kategori excellent dengan nilai akhir sebesar 91,77%. Hasil uji homogenitas variansi menunjukan bahwa website perbaikan sudah sesuai dan dapat memenuhi atribut kebutuhan pengguna. Hasil uji beda Wilcoxon menunjukan bahwa adanya perbedaan nilai efektivitas dan efisiensi yang signifikan. Sehingga, dapat diketahui bahwa website perbaikan sudah sesuai dengan kebutuhan konsumen dan memiliki tingkat kebergunaan dan tanggapan lebih baik dibandingkan website awal.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectUsabilitasen_US
dc.subjectUser Experienceen_US
dc.subjectQuality Function Deployment (QFD)en_US
dc.subjectWebsiteen_US
dc.subjectKonsultan Perencanaen_US
dc.titleAnalisis Dan Perbaikan Website Konsultan Perencana Dengan Pendekatan Remote Usability Testing Dan User Experienceen_US
dc.Identifier.NIM17 522 081


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record