Hubungan Antara Regulasi Diri Dalam Belajar Dan Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara regulasi diri dalam
belajar dengan resiliensi akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi.
Hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan positif antara regulasi diri
dalam belajar dengan resiliensi akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun
skripsi. Alat ukur resiliensi akademik yang digunakan pada penelitian ini adalah
The Academic Resilience Scale (ARS-30) yang dikembangkan oleh Cassidy (2015)
dan telah diadaptasi ke dalam versi bahasa Indonesia oleh Kumalasari,
Lutfhfiyanni, dan Grasiaswaty (2020). Sedangkan alat ukur regulasi diri dalam
belajar dalam penelitian ini adalah Motivated Strategies for Learning Questonnaire
(MSLQ) yang dikembangkan oleh Pintrich, Smith, Gracia, dan McKeachie (1991).
Namun, yang digunakan dalam penelitian ini yaitu MSLQ yang disusun
berdasarkan sub-skala self-efficacy for learning and performance yang diambil dari
penelitian Rahmawati (2020) dan sub-skala control of learning beliefs,
metacognitive self-regulation, time & study environment, serta effort regulation
yang diambil dari penelitian Monalisa (2018). Responden dalam penelitian ini yaitu
57 mahasiswa Universitas Islam Indonesia yang sedang menyusun skripsi. Metode
analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah teknik uji korelasi Spearman
rho. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif
yang signifikan antara kedua variabel, artinya hipotesis penelitian diterima.
Collections
- Pharmacy [1444]