Perancangan Desain Kemasan Menggunakan Kansei Engineering Berbasis Teknologi Informasi (Studi Kasus P-IRT Putra Usaha Minuman Suka-Suka Nganjuk Jawa Timur)
Abstract
Besarnya konsumsi minuman kemasan saribuah akhir-akhir ini, ditengarai karena masyarakat kembali pada pola konsumsi hidup sehat. Hal ini diperkuat dengan adanya data konsumsi buah oleh masyarakat meningkat sebesar 2,1% pada tahun 2013 (BPS, 2014). . Dalam kompetisi global seperti sekarang ini, konsumen cenderung untuk mempunyai lebih banyak keinginan. Selera konsumen terhadap minuman dalam kemasan juga ikut berkembang.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atribut-atribut produk minuman saribuah yang berpengaruh terhadap kebutuhan dan kepuasan pelanggan. Responden terdiri dari 39 wanita yang pernah atau masih mengkonsumsi minuman saribuah. Atribut produk yang diinginkan serta prioritas atribut yang harus dikembangkan dianalisa menggunakan pendekatan kansei engineering digunakan untuk melihat sekaligus mengukur konsumen sebagai dasar proses pengembangan produk yang direpresentasikan melalui kata-kata kansei, menjadi menarik karena dalam penelitian ini juga menggunakan pendekatan database My SQL untuk menyempurnakan dan memudahkan penggolongan sesuai dengan kata kansei yang terpilih.
Hasil penelitian ini menunjukkan kata kansei yang sesuai dengan keinginan afektif dari pengguna atau konsumen yaitu Menarik, Rapi, Elegan, Unik, Simpel, Terang dan Ramah Lingkungan. Demikian juga atribut-atribut produk minuman saribuah sesuai Kansei Word yang diinginkan oleh responden dan yang terbentuk dari banyaknya nilai-nilai terbesar masing-masing item yang muncul maka terpilihlah kombinasi bentuk botol bulat, ukuran botol 600 ml, warna botol terang dan botol ada ilustrasinya untuk menjadi desain kemasan yang diunggulkan.
Kata kunci : Kebutuhan pelanggan, minuman saribuah, kansei engineering, database My SQL