Animasi dan Game Pengenalan Rambu Lalu Lintas
Abstract
Faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan, yaitu faktor manusia, faktor kendaraan dan faktor jalan. Kombinasi dari ketiga faktor itu bisa saja terjadi, antara manusia dengan kendaraan misalnya berjalan melebihi batas kecepatan yang ditetapkan kemudian ban pecah yang atau sistem pengereman kurang pakem yang mengakibatkan kendaraan mengalami kecelakaan. Di samping itu masih ada faktor lingkungan, cuaca yang juga bisa berkontribusi terhadap kecelakaan. Namun kejadian kecelakaan yang sering ditemui adalah faktor kelalaian manusia itu sendiri yang kurang tertib mematuhi tata tertib lalu lintas, rambu-rambu dan awamnya pengetahuan tentang tata tertib rambu-rambu lalu lintas ketika berkendara.
Pembelajaran atau pengenalan tata tertib lalu lintas perlu diberikan untuk menekan kembali angka kecelakaan. Misalnya untuk orang awam dan anak sekolahan dibekali terlebih dahulu tentang tata tertib rambu-rambu lalu lintas sebelum mulai langsung berkendara.
Metodologi pembangunan media pengenalan rambu lalu lintasi ini dilalukan dengan bertahap. Pertama dengan pengumpulan data yang dibutuhkan untuk aplikasi dengan mencari bahan dan referensi dari internet maupun buku. Selanjutnya melakukan analisis data yang untuk kemudian masuk ke perancangan media seperti desain. Setelah analisis dan perancangan selesai makan tahap selanjutnya berupa implementasi dari hasil analisis dan perancangan. Aplikasi pengenalan rambu lalu lintas ini dilakukan pengujian untuk mengetahui apakah sudah sesuai dengan aturan rambu lalu lintas. Dari hasil pengujian aplikasi telah berhasil dibangun. Aplikasi ini menghasilkan kesimpulan bahwa sistem yang dibuat dapat berjalan dengan baik dan dapat memberikan wawasan serta edukasi kepada pengguna tentang rambu-rambu lalu lintas.
Kata Kunci :
Rambu, Lalu Lintas
Collections
- Informatics Engineering [2154]