Usulan Perbaikan Kualitas Pelayanan Jasa Pada Salon Kecantikan Dengan Mengintegrasikan Metode Quality Function Deployment (QFD) Dan Blue Ocean Strategy (BOS) (Studi Kasus : Jogja Traditional Treatment – Jl. Kenari Yogyakarta)
Abstract
Permasalahan pada mutu pelayanan jasa kecantikan bukan hal yang baru. Berbeda dengan kualitas barang, kualitas jasa tidak begitu mudah diketahui. Dirasakan layanan perawatan kecantikan yang diberikan oleh pihak penyedia jasa (salon) harus sangat diperhatikan. Hal ini dipengaruhi oleh faaktor kepuasan pelanggan. Untuk mengetahui apakah perawatan dan pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan keinginan pelanggan.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan meode QFD untuk mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan dan metode BOS untuk mengetahui posisi persaingan perusahaan dan mecari inovasi baru untuk menghadapi persaingan dalam bidang jasa salon kecantikan. Pada hasil analisis QFD diketahui 3 tindakan yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan yaitu melakukan penambahan perlengkapan perawatan kuku, Melakukan evaluasi dengan menggunakan metode checklist, dan Melakukan penambahan perlengkapan perawatan rambut. Dan dengan BOS diketahui posisi persaingan perusahaan terhadap pesaing dan melalui penerapan Keraangka kerja empat langkah didapatkan solusi-solusi dan usulan perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan di salon Jogja Traditional Treatment.
Keyword : Quality Function Deployment (QFD), Kepuasan pelanggan, Blue Ocean Strategy (BOS)
Collections
- Industrial Engineering [2247]