Analisis Strategi Pemasaran Olahan Makanan Salak Dengan Menggunakan SWOT Yang Di Integrasikan Pada Strategi Baruan Pemasaran (StudiKasus Di Home Industri Cristal Salak)
Abstract
Cristal salak adalahUKM yang bergerak di bidangproduksi olahan
makanan khususnya buah salak . Salak adalah buah khas daerah Sleman
Yogyakarta sebagai bentuk makanan ciri khas buah tangan dari Sleman.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran olahan
makanan salak menggunakan ananalisis SWOT dan Marketing
Mix. Karena itu untuk mempertahankan atau meningkatkan Price, Product, Place dan
Promotion perlu dilakukan analisis dengan menggunakan metode
SWOT. Dengan menggunakan tools diagram kartesius untuk mengetahui atribut
marketing mix yang dapat meningkatkan penjualan.
Sampel dalam penelitian inid itentukan sebanyak100 responden.Hasil penelitian ini diantaranya: UKM Cristal Salak menunjukan kondisi Internal dan eksternal yang lemah
secara keseluruhan. Hal itu ditunjukan dengan nilai skor total lebih kecil dari 2,5
yaitu IFAS mendapatkan nilai sebesar 1,99 dan EFAS mendapatkan nilai sebesar
1,59. Untuk penerapan strategi akan menggunakan strategi agresif pada atribut product ,
dan price, pada atribut promotion akan menggunakan strategi defensif sedangkan
pada atribut place menggunakan startegii diversifikasi.
Keywords:Marketing Mix, Analisis SWOT, dan Pemasaran
Collections
- Industrial Engineering [2240]