Resiko Pembelian, Kepercayaan Konsumen Dan Minat Membeli Produk Di Online Shop Media Sosial
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap resiko pembelian dan kepercayaan konsumen dengan minat membeli produk di online shop media sosial. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu ada hubungan negatif yang signifikan antara resiko dengan minat membeli, ada hubungan negatif yang signifikan antara resiko dengan kepercayaan konsumen, ada hubungan positif yang signifikan antara kepercayaan konsumen dengan minat membeli, dan ada hubungan yang signifikan antara resiko dengan minat membeli di online shop media sosial yang di mediasi oleh kepercayaan konsumen. Penelitian ini melibatkan 144 subjek yang merupakan mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan skala. Skala persepsi terhadap resiko menggunakan skala yang mengacu teori Forsthe dan Shi yang dikembangkan Chen (2015) yang berjumlah 43 item dan kepercayaan konsumen menggunakan skala yang disusun sendiri oleh penulis yang mengacu pada Mowen (1995) yang berjumlah 21 item, dan skala minat membeli yang mengacu pada teori dari Lucas dan Brift (2003). Analisis dilakukan dengan menggunakan SPPS 22 for Windows, menguji efek variabel mediasi menggunakan Sobel Test. Semua hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Efek variabel mediasi diketahui sebesar Z = -5,2901 dan nilai signifikansi 0.000 (p < 0.05).
Kata Kunci : resiko pembelian, kepercayaan konsumen, minat membeli
Collections
- Psychology [2185]