dc.contributor.advisor | Supriyanto Abdi, S.Ag., MCAA | |
dc.contributor.author | LAILY NUR HIDAYATI | |
dc.date.accessioned | 2021-08-19T07:11:46Z | |
dc.date.available | 2021-08-19T07:11:46Z | |
dc.date.issued | 2021-06-09 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/31810 | |
dc.description.abstract | Pada saat proses pembinaan serta pemberian stimulasi pembelajaran pada
anak, ada beberapa teori pendidikan yang dapat dipelajari dari berbagai ilmuwan,
baik itu ilmuwan pendidikan Barat maupun ilmuwan pendidikan Islam yang
memiliki dua pandangan berbeda. Dengan adanya dua teori pendidikan yang
berbeda dapat dijadikan referensi oleh para pendidik guna pembelajaran anak
didiknya dengan memperhatikan aspek-aspek dan kesesuaiannya dengan tahapan
perkembangan mereka. Pemikiran pendidikan anak usia dini telah diungkapkan
oleh ahli pendidikan Barat dan pendidikan Islam antara lain Maria Montessori dan
Abdullah Nashih Ulwan yang hingga saat ini masih relevan untuk dapat
digunakan untuk mendidik anak.
Penelitian skripsi ini berjenis studi pustaka yang terfokus pada prinsipprinsip
dasar pendidikan anak usia dini dalam perspektif Maria Montessori dan
Abdullah Nashih Ulwan. Pertanyaan penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu: (1)
Bagaimana pandangan Maria Montessori dan Abdullah Nashih Ulwan tentang
prinsip-prinsip dasar pendidikan anak usia dini? 2) Bagaimana perbandingan
pemikiran kedua ilmuwan tersebut terkait prinsip-prinsip dasar pendidikan anak
usia dini?
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Maria Montessori dan Abdullah
Nashih Ulwan mempunyai pandangan yang cukup komprehensif tentang prinsipprinsip
dasar
pendidikan
anak
usia
dini.
Menurut
dua
ilmuwan
ini,
masing-masing
prinsip
dasar tersebut memainkan peranan penting dalam pertumbuhan anak 2)
Kesamaan dari pandangan Maria Montessori dan Abdullah Nashih Ulwan antara
lain konsepsi anak usia dini dan peran lingkungan dalam perkembangan anak.
Sedangkan perbedannya terletak pada prinsip pelaksanaan metode, peranan guru,
kurikulum dan tujuan pendidikan. selain itu, analisis komparatif juga
menunjukkan bahwa masing-masing pemikiran kedua tokoh ini memiliki
kelebihan dan kelemahan. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | prinsip dasar | en_US |
dc.subject | pendidikan anak usia dini | en_US |
dc.subject | Abdullah Nashih Ulwan | en_US |
dc.subject | Maria Montessori | en_US |
dc.title | Prinsip-Prinsip Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Studi Komparasi Pemikiran Maria Montessori Dan Abdullah Nashih Ulwan | en_US |
dc.Identifier.NIM | 17422121 | |