Show simple item record

dc.contributor.advisorSupriyanto Abdi, S.Ag., MCAA
dc.contributor.authorLAILY NUR HIDAYATI
dc.date.accessioned2021-08-19T07:11:46Z
dc.date.available2021-08-19T07:11:46Z
dc.date.issued2021-06-09
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/31810
dc.description.abstractPada saat proses pembinaan serta pemberian stimulasi pembelajaran pada anak, ada beberapa teori pendidikan yang dapat dipelajari dari berbagai ilmuwan, baik itu ilmuwan pendidikan Barat maupun ilmuwan pendidikan Islam yang memiliki dua pandangan berbeda. Dengan adanya dua teori pendidikan yang berbeda dapat dijadikan referensi oleh para pendidik guna pembelajaran anak didiknya dengan memperhatikan aspek-aspek dan kesesuaiannya dengan tahapan perkembangan mereka. Pemikiran pendidikan anak usia dini telah diungkapkan oleh ahli pendidikan Barat dan pendidikan Islam antara lain Maria Montessori dan Abdullah Nashih Ulwan yang hingga saat ini masih relevan untuk dapat digunakan untuk mendidik anak. Penelitian skripsi ini berjenis studi pustaka yang terfokus pada prinsipprinsip dasar pendidikan anak usia dini dalam perspektif Maria Montessori dan Abdullah Nashih Ulwan. Pertanyaan penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu: (1) Bagaimana pandangan Maria Montessori dan Abdullah Nashih Ulwan tentang prinsip-prinsip dasar pendidikan anak usia dini? 2) Bagaimana perbandingan pemikiran kedua ilmuwan tersebut terkait prinsip-prinsip dasar pendidikan anak usia dini? Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Maria Montessori dan Abdullah Nashih Ulwan mempunyai pandangan yang cukup komprehensif tentang prinsipprinsip dasar pendidikan anak usia dini. Menurut dua ilmuwan ini, masing-masing prinsip dasar tersebut memainkan peranan penting dalam pertumbuhan anak 2) Kesamaan dari pandangan Maria Montessori dan Abdullah Nashih Ulwan antara lain konsepsi anak usia dini dan peran lingkungan dalam perkembangan anak. Sedangkan perbedannya terletak pada prinsip pelaksanaan metode, peranan guru, kurikulum dan tujuan pendidikan. selain itu, analisis komparatif juga menunjukkan bahwa masing-masing pemikiran kedua tokoh ini memiliki kelebihan dan kelemahan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectprinsip dasaren_US
dc.subjectpendidikan anak usia dinien_US
dc.subjectAbdullah Nashih Ulwanen_US
dc.subjectMaria Montessorien_US
dc.titlePrinsip-Prinsip Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Studi Komparasi Pemikiran Maria Montessori Dan Abdullah Nashih Ulwanen_US
dc.Identifier.NIM17422121


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record