Analisis Sentimen Persepsi Pengguna Myindihome Menggunakan Metode Support Vector Machine (SVM) Dan Naïve Bayes Classifier (NBC)
Abstract
Pada era globalisasi seperti saat ini, internet menjadi kebutuhan manusia dalam
melakukan berbagai hal. Banyaknya pengguna intenet menjadi peluang
tersendiri bagi penyedia jasa internet, salah satunya PT Telekomunikasi
Indonesia (Telkom). Salah satu produk PT Telkom yaitu IndiHome. Sebagai
satu-satunya BUMN yang bergerak dibidang telekomunikasi, PT Telkom
diharapakan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Namun
bedasarkan rating yang didapatkan produk IndiHome melalui aplikasi
MyIndiHome di Google Play sebesar 3,5 dari 87.000 lebih ulasan. Hal tersebut
yang mendorong dilakukannya penelitian mengenai layanan IndiHome.
Digunakan data ulasan pada tanggal 1 November 2020 – 15 Desember 2020
dengan jumlah ulasan sebanyak 2.539 ulasan sebagai sampelnya. Data tersebut
akan dilakukan pelabelan dan pengklasifikasian dalam kelasn sentimen positif
dan negatif menggunakan metode Support Vector Machine (SVM) dan Naïve
Bayes Classifier (NBC). Hasil pelabelan setiap setimen kemudian dianalisis
menggunakan metode asosiasi kata untuk menemukan informasi yang dianggap
penting dan berguna dalam pengambilan keputusan. Berdasarkan tiga
perbandingan data training dan testing yang dilakukan percobaan sebanyak lima
kali disetiap perbandingan, didapatkan rata-rata akurasi dengan metode SVM
sebesar 86,54% dan dengan metode NBC sebesar 84,69%. Kemudian, metode
asosiasi
teks
pada
kelas
sentimen
positif
di antaranya terkait aplikasi, bagus, membantu, mantap, terimakasih, tagihan,
cek, mudah, kecepatan, baik, keren, fitur, internet, dan pelayanan. Sedangkan
pada kelas sentimen negatif yang sering dikeluhkan di antaranya terkait aplikasi,
bayar, jaringan, wifi, lemot, internet, gangguan, tagihan, pelayanan, mahal,
pasang, parah, buruk, lambat, dan
lag. Hasil ulasan
negatif tersebut dianalisis sebab dan akibatnya menggunakan diagram fishbone
untuk pemecahan masalah.
Collections
- Industrial Engineering [2227]