dc.description.abstract | Dari banyaknya alternatif pilihan sepeda yang tersedia pada suatu website
penjualan online dengan berbagai macam jenis dan spesifikasi yang sangat
beragam menyebabkan calon pembeli sering menjadi merasa kebingungan dalam
menentukan pilihan barang yang akan dibeli. Untuk membantu memberikan solusi
dari masalah tersebut, maka peneliti mencoba membuat sebuah model sistem
rekomendasi untuk membantu proses pemilihan suatu barang bagi calon pembeli
sehingga memberi kemudahan bagi calon pembeli tersebut dalam menentukkan
pilihannya. Dengan adanya sistem rekomendasi akan dapat meningkatkan
pelayanan dan kepuasan pada pelanggan, selain itu juga dapat membantu
perusahaan dalam meningkatkan penjualannya. Sistem rekomendasi dalam
penelitian ini akan membuat rekomendasi produk sepeda pada website penjualan
sepeda online dengan menggunakan metode Content-Based Filtering
menggunakan konsep perhitungan vector dalam teks, pembobotan TF-IDF, dan
Cosine Similarity. Pada pencarian nilai kemiripan konten/deskripsi pada produk
sepeda digunakan produk sepeda Roll Elite sebagai contoh pengujian.
Berdasarkan hasil pencarian 10 produk sepeda yang paling mirip dengan sepeda
Roll Elite menggunakan konsep Cosine Similarity, didapatkan hasil produk
sepeda Roll Elite Low Entry, Roll, Roll Sport, Roll Low Entry, Roll Sport Low
Entry, Crossroads 2.0 Step Through, Crossroads 1.0 Step Through, Crossroads 3.0
Step Through, Crossroads 2.0, dan Crossroads 1.0 sebagai urutan produk sepeda
yang paling mirip dengan sepeda Roll Elite dengan nilai Cosine Similarity
berturut-turut adalah 0.894578129, 0.83584327, 0.791802791, 0.759617223,
0.759614207, 0.265042215, 0.26282951, 0.242716118, 0.238787742, dan
0.235766053. | en_US |