Show simple item record

dc.contributor.advisorQurtubi, S.T., M.T
dc.contributor.authorZulfi Fathiya Salsabila
dc.date.accessioned2021-08-18T01:41:51Z
dc.date.available2021-08-18T01:41:51Z
dc.date.issued2021-04-09
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/31725
dc.description.abstractBisnis menggunakan e-commerce mengalami peningkatan secara tajam semenjak adaya pandemi COVID-19. Penggunaan e-commerce meningkat sebanyak lima sampai sepuluh kali lipat. Penggunaan e-commerce untuk transaksi bisnis harus diperhatikan dalam pembeliannya terutama transaksi bisnis untuk pembelian produk seperti makanan dan minuman. Sebab, dalam islam sendiri, diwajibkan bagi setiap muslim untuk mengkonsumsi makanan yang halal. Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui macam bentuk pencantuman informasi halal di e-commerce saat ini, mengetahui perbaikan apa saja pada bentuk pencantuman informasi kehalalan produk pada e-commerce, serta mengetahui pengaruh informasi halal terhadap keputusan pembelian produk makanan. Data diperoleh melalui kuisioner yang diisi oleh 100 responden dan pengamatan terhadap produk e-commerce. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah regresi linier menggunakan partial least square (PLS) pada software SmartPLS dan analisis deskriptif. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa bentuk pencantuman informasi halal di e-commerce saat ini berupa adanya keterangan halal pada judul produk, label halal pada foto produk, dan keterangan halal pada deskripsi produk berdasarkan pada sertifikasi halal maupun pernyataan pelaku usaha. Selanjutnya, perbaikan yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha yaitu lebih memperhatikan informasi halal pada produk yang dijualnya dengan memberikan informasi kehalalan produk, serta informasi halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 0,661. Sehingga disimpulkan bahwa berdasarkan observasi pada e-commerce, adanya informasi halal masih terbatas.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectE-commerceen_US
dc.subjectInformasi halalen_US
dc.subjectSmartPLSen_US
dc.subjectAnalisis Deskriptifen_US
dc.titleAnalisis Pencantuman Informasi Halal Pada Produk Makanan Di E-Commerce Serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelianen_US
dc.Identifier.NIM17522200


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record