Analisis Pencantuman Informasi Halal Pada Produk Makanan Di E-Commerce Serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian
Abstract
Bisnis menggunakan e-commerce mengalami peningkatan secara tajam semenjak
adaya pandemi COVID-19. Penggunaan e-commerce meningkat sebanyak lima
sampai sepuluh kali lipat. Penggunaan e-commerce untuk transaksi bisnis harus
diperhatikan dalam pembeliannya terutama transaksi bisnis untuk pembelian
produk seperti makanan dan minuman. Sebab, dalam islam sendiri, diwajibkan bagi
setiap muslim untuk mengkonsumsi makanan yang halal. Tujuan dari penelitian ini
ialah mengetahui macam bentuk pencantuman informasi halal di e-commerce saat
ini, mengetahui perbaikan apa saja pada bentuk pencantuman informasi kehalalan
produk pada e-commerce, serta mengetahui pengaruh informasi halal terhadap
keputusan pembelian produk makanan. Data diperoleh melalui kuisioner yang diisi
oleh 100 responden dan pengamatan terhadap produk e-commerce. Metode yang
digunakan pada penelitian ini ialah regresi linier menggunakan partial least square
(PLS) pada software SmartPLS dan analisis deskriptif. Dari hasil penelitian
didapatkan bahwa bentuk pencantuman informasi halal di e-commerce saat ini
berupa adanya keterangan halal pada judul produk, label halal pada foto produk,
dan keterangan halal pada deskripsi produk berdasarkan pada sertifikasi halal
maupun pernyataan pelaku usaha. Selanjutnya, perbaikan yang dapat dilakukan
oleh pelaku usaha yaitu lebih memperhatikan informasi halal pada produk yang
dijualnya dengan memberikan informasi kehalalan produk, serta informasi halal
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 0,661.
Sehingga disimpulkan bahwa berdasarkan observasi pada e-commerce, adanya
informasi halal masih terbatas.
Collections
- Industrial Engineering [2224]