Dukungan Sosial Orangtua Dan Stres Akademik Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid 19
Abstract
Stres akademik adalah keadaan yang menekan bagi peserta didik dalam lingkungan
akademik. Dukungan sosial orangtua adalah dukungan yang diberikan dari orangtua
sebagai keluarga terdekat dalam bentuk apapun dan mendorong individu untuk terus
maju. Pandemi covid-19 membuat pemerintah untuk mengeluarkan aturan mengenai
pembelajaran daring bagi mahasiswa, namun pembelajaran daring tersebut
memberikan efek stres akademik pada mahasiswa dan oleh sebab itulah dukungan
sosial orangtua penting sebagai salah satu cara untuk mencegah dan mengurangi stres
akademik pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan
antara stres akademik dan dukungan sosial orangtua pada mahasiswa yang melakukan
pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Hipotesis dari penelitian ini adalah
adanya hubungan yang negatif signifikan antara dukungan sosial orangtua dan stres
akademik. Penelitian ini melibatkan sebanyak 233 mahasiswa dengan usia 18-22
tahun. Hipotesis dalam penelitian ini diterima dengan r = -0.179 dan p = 0.006 pada
dukungan sosial ayah dan stres akademik. Hubungan antara dukungan sosial ibu dan
stres akademik juga memiliki korelasi yang signifikan dengan r = -0.183 dan p =
0.005. Dukungan sosial ayah memberikan sumbangan efektif sebesar 4.8% terhadap
stres akademik, sedangkan pada dukungan sosial ibu memberikan sumbangan efektif
sebesar 5.2% pada stres akademik.
Collections
- Psychology [2173]