Kinerja Pengawas Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Manokwari Dan Smpn 3 Manokwari Papua Barat
Abstract
Kegiatan kepengawasan dan pembinaan pendidikan yang dilakukan oleh
pengawas terhadap guru-guru PAI SMP dimaksudkan untuk membimbing dan
membina guru-guru untuk mengatasi berbagai kendala, dan untuk meningkatkan
profesionalitas guru PAI dalam melaksanakan tugasnya. Pertanyaan penelitian
dalam tesis ini adalah bagaimana kinerja pengawas dalam meningkatkan
profesionalitas guru PAI dan bagaimana hasil yang dicapai dari kinerja pengawas
dalam meningkatkan profesional guru PAI di SMPN 1 dan SMPN 3 Manokwari
Papua Barat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja pengawas dalam
meningkatkan profesionalitas guru PAI melalui supervisi administrasi dan
kunjungan kelas di SMP Negeri 1 Manokwari dan SMP Negeri 3 Manokwari
Papua Barat. Penelitian ini termasu field research dengan metode deskriktif
kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam,
observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan
adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan hasil kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengawas dalam melakukan
pembinaan kepada guru-guru terutama dalam peningkatan profesionalitas melalui
supervisi administrasi dengan memeriksa komponen-komponen perangkat
pembelajaran melalui instrumen yang sesui dengan standar proses. Dalam
pembinaan kelompok pengawas dilaksanakan dalam kegiatan musyawarah guru
mata pelajaran (MGMP) yang rutin diadakan oleh guru-guru PAI di kabupaten
Manokwari.
Pembinaan yang dilakukan pengawas dengan memberikan arahan dan
bimbingan secara personil setelah supervisi administrasi dan kunjungan kelas
dilaksanakan, apabila pengawas menemukan kekurangan daripada persiapan guru
maka di diskusikan setelah supervisi berlangsung. Dengan lengkapnya
komponen-komponen perangkat pembelajaran sangat berkaitan dengan
profesionalitas guru tersebut.
Kata kunci : Kinerja, Pengawas, Profesionalitas Guru