Determinan Keputusan Berkunjung ke Restoran Hotel Bersertifikasi Halal di Kota Mataram NTB
Abstract
Indonesia memiliki potensi besar dalam pengembangan wisata halal
(Halal Tourism Destination, Moslem Frendly Tourism Destination dan Wisata
Syariah), hadirnya istilah tersebut merupakan jawaban terhadap pandangan
miring, dan tidak produktif pada dunia parawisata khususnya bagi muslim
traveller nasional maupun internasional. Padahal realitasnya wisata itu adalah
bagian dari kebutuhan hidup umat manusia. Adanya potensi pengembangan
industri pariwisata halal ini harus di dukung dengan meningkatkan restoran
hotel bersertifikasi halal, dalam hal ini tidak hanya diminati oleh masyarakat
muslim tetapi juga non muslim, sebab makanan yang halal itu sudah pasti sehat.
Banyaknya produk-produk yang belum bersertifikat halal mengakibatkan
konsumen, terutama konsumen muslim sulit untuk membedakan produk mana
yang benar-benar halal dan dapat dikonsumsi sesuai dengan syariat Islam.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor determinasi dan faktor
yang paling dominan di dalam keputusan konsumen untuk berkunjung ke
restoran hotel sertifikasi halal di kota mataram NTB. Adapun metode penelitian
ini dilakukan secara kuantitatif dengan model yang digunakan adalah model
regresi berganda dan analisis Ordinary lease square (OLs).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen yaitu;
faktor agama, pribadi, psikolog berpengaruh positif secara signifikan terhadap
variabel dependen yaitu; keputusan konsumen berkunjung ke restaurant hotel di
Kota Mataram NTB. Sedangkan variabel independen yaitu; faktor; budaya,
sosial, sertifikasi halal tidak berpengaruh positif secara signifikan terhadap
variabel dependen yaitu; keputusan konsumen berkunjung ke restaurant hotel di
Kota Mataram NTB. Faktor yang dominan yang menentukan konsumen
berkunjung ke restaurant hotel bersertifikasi halal di Kota Mataram NTB adalah
faktor pribadi, agama, dan psikologis. Adapun faktor yang paling dominan
adalah faktor pribadi dengan tingkat pengaruh positif secara signifikan (t-hitung
5,911, Sig t:0,00) terhadap variabel dependen diraih nilai R2 0,494 yang berarti
bahwa 49,4% variabel independen di dalam penelitian ini dipengaruhi oleh
faktor-faktor di dalam penelitian ini. Sedangkan sisanya sebesar 50,4 %
dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.
Kata kunci: Keputusan berkunjung, Restoran hotel, Sertifikasi halal,
Determinan