Pengembangan Model Evaluasi Situs web Destination Marketing Organization dari Perspektif Efektivitas dan Desain Antarmuka Perangkat Seluler
Abstract
Pemanfaatan situs web sebagai sarana pemasaran pariwisata telah diadopsi oleh berbagai
Destination Marketing Organization (DMO) di seluruh dunia, namun situs web yang telah
diimplementasi harus dievaluasi untuk melihat apakah situs web tersebut efektif untuk
menunjang kegiatan promosi pariwisata. Penelitian sebelumnya telah mengembangkan model
evaluasi ICTRT (information, communication, transaction, relationship, technical merit)
untuk mengevaluasi efektivitas situs web DMO. Namun model evaluasi ICTRT
dikembangkan hanya untuk mengevaluasi situs web konvensional yang biasa dilihat pada
perangkat komputer desktop, sehingga kurang tepat digunakan untuk mengevaluasi situs web
khusus tampilan seluler. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model ICTRT yang
dapat digunakan untuk mengevaluasi situs web DMO yang didesain untuk tampilan perangkat
seluler, yang diberi nama model ICTRT for mobile. Model ICTRT for mobile selanjutnya
digunakan untuk mengevaluasi efektivitas situs web DMO negara Indonesia pada tampilan
perangkat seluler. Hasil yang peroleh bahwa situs web DMO negara Indonesia pada tampilan
perangkat seluler masih menunjukkan efektivitas yang sangat rendah khususnya pada dimensi
transaction dan relationship.
Kata kunci
Destination Marketing Organization, ICTRT, Model evaluasi, Pariwisata, Situs web