Pemanfaatan Media Pembelajaran Papan Tulis, Liquid Crystal Display (LCD) Proyektor dan Laboratorium Bahasa Bagi Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar di SMP Negeri 1 Jetis Kabupaten Bantul
Abstract
PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN TULIS, LIQUID CRYSTAL
DISPLAY ( LCD ) PROYEKTOR DAN LABORATORIUM BAHASA BAGI GURU
DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SMP NEGERI 1 JETIS
KABUPATEN BANTUL
SRI WARTINI
NIM. 14913078
Pendidikan mengalami proses perkembangan yang sangat pesat,
perkembangan tersebut seharusnya juga di ikuti oleh masing – masing komponen
dalam pendidikan tersebut. Penekan dalam pendidikan terletak pada proses
pembelajaran. Kunci berhasilnya proses pembelajaran ditentukan oleh berbagai
faktor. Salah satu faktor yang mendukung adalah pemanfaatan Media
pembelajaran. Kemampuan guru dalam memanfaatakan media mendukung
keberhasilan pembelajaran yang berdampak pada peningkatan pendidikan.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan ( field research ) dengan
menggunakan pendekatan analisis kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian
ini adalah data kualitatif, artinya bahan keterangannya tidak berwujud angka.
Pendekatan yang digunakan adalah studi observasi . Fokus pertanyaan dalam
Penelitian ini mengungkap bagaimanakah kesesuaian pemanfaatan media
pembelajaran bagi guru-guru di SMP Negeri 1 Jetis Kabupaten Bantul dengan
prinsip-prinsip penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini di lakukan di SMP
Negeri 1 Jetis Kabupaten Bantul yang berlokasi di Jalan Imogiri Barat Km. 11
Sumberagung Jetis Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. .
Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan media media Papan tulis, LCD
Proyektor dan Laboratorium bahasa di SMP Negeri 1 Jetis Kabupaten Bantul
belum sesuai dengan prinsip-prinsip pemanfaatan media pembelajaran. Banyak
faktor penyebab media pembelajaran yang ada belum dapat dimanfaatkan secara
maksimal
Berdasarkan hasil penelitian, saran kepada guru supaya memahami dan
menambah pengetahuan tentang media pembelajaran, mengembangkan kreatifitas
dan merefleksi diri terhadap proses pembelajaran yang dilakukan. Bagi sekolah
agar forum diskusi tiap guru mata pelajaran untuk melaksanakan praktek
microteching dalam bentuk team teaching, perlu diadakan monitoring dan
evaluasi secara berkala terhadap proses pembelajaran, pelatihan bagi guru guna
meningkatan manajeman dalam pemanfaatan media pembelajaran, perlunya
motivasi dari kepala sekolah kepada guru terutama dalam pemanfaatan media
pembelajaran
Kata kunci: pemanfaatan media pembelajaran