Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Komputer dan Motivasi terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2016 /2017
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara pelaksanaan
pembelajaran berbasis komputer dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa
pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 1 Tempel tahun
ajaran 2016 /2017.
Populasi yaitu semua siswa di SMP Negeri 1 Tempel dengan sampel
kelas 9A sampai dengan kelas 9F yang terdiri dari 163 orang siswa yang
beragama Islam. Dalam pengumpulan data digunakan metode
angket/kuesioner, observasi, dokumentasi, dan dilengkapi dengan tes.
Untuk menganalisis data digunakan teknik analisis korelasi dan regresi
dengan taraf signifikansi 5 %. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa:
1. Pengaruh antara pelaksanaan pembelajaran berbasis komputer dengan
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam
adalah positif dan signifikan karena p = 0,019 < 0.050.
2. Pengaruh antara motivasi dengan prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran pendidikan agama islam adalah signifikan positif karena p =
0,025< 0.050.
3. Pengaruh pelaksanaan pembelajaran berbasis komputer dan motivasi
terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama
islam adalah positif dan signifikan karena Fhitung = 9,040 dengan p =
0.000 < 0.050. Variabel Pembelajaran Berbasis Komputer dan
Motivasi mampu menjelaskan variabel Prestasi Belajar sebesar 10.5%
berdasarkan koefisien determinasi (R.2) = 0.105
Kata kunci : Pembelajaran, Komputer, Motivasi, Perstasi Pendidikan Agama
Islam