Show simple item record

dc.contributor.advisorProf. Dr. Maragustam Siregar, MA
dc.contributor.authorUmmi Khabibah
dc.date.accessioned2021-08-12T07:47:40Z
dc.date.available2021-08-12T07:47:40Z
dc.date.issued2021-03-17
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/31588
dc.description.abstractSekolah berperan penting untuk mengembangkan potensi peserta didik baik itu kemampuan akademik maupuan keterampilan lainya. Pembiasaan merupakan salah satu penunjang untuk meningkatkan keterampilan bagi peserta didik. Dengan strategi dan metode yang tepat pembiasaan mampu mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik. Oleh karena itu peneliti merasa tertarik untuk mengkaji proses pembiasaan yang diterapkan di lingkungan sekolah khususnya untuk melihat upaya peningkatan kecerdasan psikomotorik peserta didik dengan menerapkan teori belajar behavioristik. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatoris, wawacara mendalam, dan kajian dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi, sedangkan teknis analisis data yang digunakan meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa, pertama Strategi Penerapan habituasi di SD Islam Al Umar Ngargosoka Srumbung Magelang terbagi dalam tiga kategori yaitu pembiasaan rutin harian, pembiasaan mingguan, dan pembiasaan kontekstual (tematik), pembiasaan rutin harian adalah pembiasaan rutin yang dilakukan, sedangkan pembiasaan mingguan adalah pembiasaan yang dilaksanakan seminggu sekali, serta pembiasaan kontekstual (tematik) adalah pembiasaan yang rutin dilakukan pada waktu tertentu. Penerapan pembiasaan di SD Islam Al Umar Ngargosoka Srumbung Magelang juga menerapkan sistem reward dan punishment untuk memberikan stimulus pada peserta didik. kedua Hasil capaian penerapan pembiasaan di SD Islam Al Umar Ngargosoka Srumbung Magelang dengan menstimulus peserta didik memberikan respons yang cukup baik. terdapat tiga aspek yang cukup dominan dari hasil penerapan pembiasaan yaitu aspek religius, aspek sosial, aspek nasionalisme.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjecthabituasien_US
dc.subjectkecerdasan psikomotoriken_US
dc.subjectteori behavioristiken_US
dc.titleStrategi Habituasi Dalam Upaya Meningkatkan Kecerdasan Psikomotorik Dalam Perspektif Teori Behavioristik (Studi Analisis Siswa SD Islam Al Umar Ngargosoka Srumbung Magelang)en_US
dc.Identifier.NIM17913104


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record