Manajemen Pendidikan Anak Berbasis Moslem Entrepreneur Di TK Khalifah Condongcatur Sleman
Abstract
TK Khalifah adalah salah satu sekolah PG dan TK yang
berbasis tahuid dan entrepreneur. Manajemen pendidikan anak
berbasis moeslem entrepreneur di TK Khalifah menggunakan
metode pembelajaran dengan 5 sentra, yaitu: centre tauhid, centre
life skill, centre art, centre science dan centre exercise. Menekankan
pada pengajaran menjadi pengusaha yang meneladani Nabi
Muhammad SAW . Dari sini muncul pertanyaan bagaimana cara TK
Khalifah mengajarkan moeslem entrepreneur pada anak usia dini.
Penelitian ini berusaha mengeksplorasi; 1) bagaimana manajemen
pendidikan anak berbasis moeslem entrepreneur di TK Khalifah; 2)
bagaimana hasil penerapan manajemen pendidikan anak berbasis
moslem entrepreneur di TK Khalifah.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan kualitatif dan
dengan pendekatan deskriptif yang mempelajari masalah-masalah
yang ada serta tata cara kerja yang berlaku. Proses pengumpulan
data dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan
informan penelitian yang ditentukan dengan cara purposive
sampling. Koleksi, kondensasi, dan penyajian data serta penarikan
kesimpulan dan verifikasi menjadi tahapan dalam menganalisis data.
Penelitian ini menghasilkan, pertama manajemen pendidikan
anak berbasis moeslem entrepreneur di TK Khalifah berasal dari
pusat Jakarta, baik kurikulumnya yang berbasis tauhid dan
entrepreneur serta sarana prasarana, pengorganisasian dan
pelaksanaannya dikembalikan kepada setiap daerah dan guru yang
mengajarkan untuk mengembangkan tetapi semua pelaksanaan dalam pengawasan dari pusat Khalifah di Jakarta, kedua hasil
penerapan manajemen pendidikan anak berbasis moeslem
entrepreneur telah berhasil diterapkan kepada siswa sesuai dengan
usia dan kelompoknya, dengan tolak ukur raport, serta laporan dari
wali murid yang telah mengalami perubahan pada anak ketika
dirumah.