Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kehidupan Ali Bin Abi Thalib serta Relevansinya dengan Konsep Pendidikan Karakter di Indonesia
Abstract
Pendidikan karakter merupakan misi utama pendidikan Islam dan terwujudnya karakter di kalangan umat tidak dapat lepas dari proses pendidikan Islam. Pendidikan karakter di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam sangat tergantung pada pendidikan Islam. Namun, Indonesia dengan konsep pendidikan karakter yang bagus tidak dengan generasi mudanya yang mengalami krisis moral. Solusi yang bisa diambil adalah meneladani generasi Islam yang awal seperti sahabat Rasulullah salah satunya Ali bin Abi Thalib mengenai kehidupan dan karakter yang dimilikinya. Fokus dari penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter dalam kehidupan Ali bin Abi Thalib (1) Bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter dalam kehidupan Ali bin Abi Thalib, (2) Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam kehidupan Ali bin Abi Thalib dengan konsep pendidikan karakter di Indonesia.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif jenis penelitian kajian pustaka (Library research). Penelitian ini akan menuturkan, menganalisis, dan mengklarifikasi nilai-nilai karakter dalamperilaku Ali bin Abi Thalib. Lalu merelevansikan kosep nilai- nilai karakter tersebut dengan konsep pendidikan karakter di Indonesia.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai karakter yang dimiliki oleh generasi muda saat ini jauh berbanding terbalik dengan pada masa generasi awal keislaman. Untuk meminimalisir kemerosotan moral generasi sekarang bisa mencontoh nilai-nilai karakter yang dimiliki oleh salah satu sahabat Rasulullah yaitu Ali bin Abi Thalib seperti (1) karakter religius yaitu keteguhan iman, semangat ibadah,
(2) Tanggung jawab, adil, toleransi, menghargai prestasi, cinta damai, (3) karakter emosional yaitu pemberani, zuhud, sederhana, rendah hati, dan cerdas.
Kata kunci: nilai-nilai karakter, Ali bin Abi Thalib, relevansi