Pengaruh Edukasi Terhadap Pengetahuan Anak Sekolah Dasar Tentang Pencegahan Tb (Tuberkulosis)
Abstract
Di Indonesia kasus TB anak mengalami peningkatan setiap tahun. Pemberian
pendidikan kesehatan untuk anak sekolah dasar dinilai sangat efektif untuk
merubah perilaku dan kebiasaan anak-anak. Penelitian ini bertujuaan untuk
mengetahui tingkat pengetahuan anak sebelum dan sesudah edukasi kesehatan,
serta untuk mengetahui pengaruh pemberian edukasi kesehatan kepada siswa
sekolah dasar tentang pencegahan tuberkulosis. Metode yang digunakan adalah
Quasi-Experimental Non Equivalent Control Group Pretest and Posttest dengan
teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Utama
1 Tarakan Kalimantan Utara yang berjumlah 30 siswa sebagai kelompok intervensi
dan SD Utama 2 Tarakan Kalimantan Utara yang berjumlah 30 siswa sebagai
kelompok kontrol. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2020. Pengumpulan
data dilakukan dengan pengisian kuisioner online menggunakan media google
form. Berdasarkan hasil penelitian gambaran tingkat pengetahuan pada kelompok
intervensi sebelum edukasi sebesar 66% kategori buruk, setelah diberikan edukasi
sebesar 96,7% kategori baik. Pada kelompok kontrol gambaran tingkat
pengetahuan pada saat pretest dan posttest masing-masing sebesar 50% kategori
buruk. Hasil analisis pada kelompok intervensi secara signifikan terdapat
perbedaan tingkat pengetahuan antara pretest dan posttest (p value=0,027). Pada
kelompok kontrol secara signifikan tidak terdapat perbedaan tingkat pengetahuan
antara pretest dan posttest (p value=0,866).
Collections
- Pharmacy [1444]