Show simple item record

dc.contributor.advisorBerlian Kushari
dc.contributor.author15511213 Suci Iryanti
dc.date.accessioned2021-07-29T08:52:18Z
dc.date.available2021-07-29T08:52:18Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/31089
dc.description.abstractSimpang Gondomanan dan Simpang KM Nol terletak di pusat Kota Yogyakarta. Kawasan tersebut merupakan daerah wisata dan perkantoran yang mengakibatkan banyaknya kendaraan yang dapat melewati simpang tersebut sehingga dapat menimbulkan kemacetan. Kedua simpang tersebut cukup padat dan memiliki jarak yang dekat sehingga dilakukan koordinasi pada kedua simpang tersebut sebagai upaya untuk mengurangi kemacetan. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi kinerja Simpang Gondomanan dan Simpang KM 0 kondisi eksisting, dan melakukan upaya mengurangi kemacetan dengan cara koordinasi sinyal di Simpang Gondomanan dan Simpang KM 0. Analisis dan pemodelan dilakukan dengan menggunakan software VISSIM. Parameter yang digunakan untuk memilih perencanaan alternatif terbaik yaitu tundaan dan kecepatan perjalanan pada Simpang Gondomanan dan Simpang KM Nol. Data yang digunakan untuk penelitian meliputi volume lalu lintas pada jam sibuk dan jam lengang, geometri simpang yaitu lebar jalan serta bahu jalan, kecepatan kendaraan dan perilaku pengemudi. Hasil penelitian menunjukkan Simpang Gondomanan dan Simpang KM Nol belum terkoordinasi. Perencanaan koordinasi sinyal alternatif 1 menggunakan waktu siklus 150 detik dan alternatif 2 dengan waktu siklus 135 detik. Perencanaan koordinasi yang dipilih yaitu alternatif 1 karena mengurangi nilai tundaan dan menaikkan kecepatan perjalanan. Nilai tundaan pada kondisi jam puncak arah lengan Barat KM Nol ke lengan Barat Gondomanan mengalami penurunan sebesar 42,40% dari eksisting 20,73 detik menjadi 11,94 detik. Nilai kapasitas mengalami kenaikan 27,53 % dari eksisting 677,3 smp/jam menjadi 863,13 smp/jam. Nilai kecepatan mengalami kenaikan 5,38 % dari eksisting 23,03 km/jam menjadi 24,27 km/jam.. Kata kunci : koordinasi sinyal, VISSIM, kapasitas,tundaanen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectkoordinasi sinyalen_US
dc.subjectVISSIMen_US
dc.subjectkapasitasen_US
dc.subjecttundaanen_US
dc.titleDesain Koordinasi Sinyal untuk Dua Simpang Yang Berdekatan (Studi Kasus: Simpang Gondomanan dan Simpang KM Nol Yogyakarta)en_US
dc.Identifier.NIM15511213


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record