Strategi Bersaing Generik Diferensiasi dalam Penghimpunan Dana Zakat (Studi pada Lazismu D.I.Y)
Abstract
STRATEGI BERSAING GENERIK DIFERENSIASI PENGHIMPUNAN DANA ZAKAT (STUDI PADA LAZISMU DIY)
RICHI SUMARJONO
14423217
Strategi diferensiasi adalah strategi memelihara loyalitas pelanggan dengan memberikan nilai lebih dibandingkan dengan produk lainnya. Oleh karena itu, organisasi yang berhasil melakukan strategi diferensiasi, maka organisasi tersebut akan memiliki keunggulan bersaing. Strategi diferensiasi juga perlu dilakukan oleh organisasi yang bergerak di bidang sosial dan dakwah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bersaing generik diferensiasi penghimpunan dana zakat (studi pada LAZISMU DIY) dilakukan berdasarkan empat diferensiasi yaitu diferensiasi produk, diferensiasi kualitas pelayanan, diferensiasi distribusi saluran, dan diferensiasi citra. Pada diferensiasi produk strategi dilakukan dalam melalui tiga hal meliputi bentuk program, mutu program, dan kehandalan program. Pada diferensiasi kualitas pelayanan strategi dilakukan didasarkan pada tangible (fisik), reliability (kehandalan), ketanggapan (responsiveness), assurance (jaminan), dan emphaty (empati). Pada diferensiasi distribusi saluran strategi dilakukan dengan cara saluran pelayanan langsung dan saluran pelayanan tidak langsung. Pada diferensiasi citra strategi dilakukan dengan cara meningkatkan reputasi lembaga, kredibilitas lembaga, dan kualitas program/pelayanan.
Kata Kunci: strategi bersaing generik, diferensiasi, penghimpunan dana zakat
Collections
- Islamic Economics [827]