dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap minat belajar peserta didik pada materi larutan penyangga, 2) mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi larutan penyangga kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Posstest Only Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah tujuh kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu dua kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kalasan. Pengumpulan data untuk prestasi belajar diambil dengan metode tes dan untuk minat belajar diambil dengan metode non tes berupa angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan Uji Mann Whitney-U untuk variabel prestasi belajar dan Uji Independent Sampe T-Test untuk variabel minat belajar pada materi larutan penyangga. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan model Snowball Throwing terhadap minat belajar peserta didik pada materi larutan penyangga, 2) Terdapat perbedaan yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi larutan penyangga.
Kata Kunci: Snowball Throwing, Minat Belajar, Prestasi Belajar, Larutan Penyangga | en_US |