Show simple item record

dc.contributor.advisorMuamar Nur Kholid, S.E., M.Ak., Akt.
dc.contributor.authorAfifah Wafir Dhia
dc.date.accessioned2021-07-27T04:12:07Z
dc.date.available2021-07-27T04:12:07Z
dc.date.issued2021-03-10
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/30875
dc.description.abstractDompet digital atau biasa disebut dengan e-wallet merupakan implementasi perangkat lunak yang memperbolehkan pengguna untuk menyimpan uang secara digital, melakukan pembayaran digital, dan berbagai jenis transaksi tanpa uang tunai. Saat ini e-wallet berkembang cukup pesat, terlebih di kala pandemi COVID19 ini yang mengharuskan pembatasan untuk berinteraksi dengan banyak orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat memengaruhi niat melanjutkan penggunaan e-wallet sebagai pilihan platform untuk transaksi pembayaran digital dengan acuan Expectation Confirmation Model (ECM). ECM merupakan model pasca-penerimaan untuk mempelajari dinamika keyakinan dan sikap pengguna dalam penggunaan dan penggunaan kembali suatu sistem teknologi. Penelitian ini mengintegrasikan faktor dalam ECM yaitu confirmation, perceived usefulness, dan satisfaction dengann perceived risk dan trust. Untuk menganalisis hubungan antarvariabel secara lebih kompleks, penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan convenience sampling, dengan kriteria sampel generasi milenial yang menggunakan e-wallet untuk bertransaksi. Berdasarkan kriteria tersebut, diperoleh sampel sebanyak 200 orang dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel perceived usefulness dan satisfaction terbukti berpengaruh signifikan terhadap niat melanjutkan penggunaan e-wallet. Perceived usefulness juga berpengaruh signifikan terhadap trust tetapi tidak signifikan terhadap satisfaction. Sedangkan, variabel trust tidak berpengaruh terhadap niat melanjutkan penggunaan e-wallet tetapi berpengaruh signifikan terhadap satisfaction. Kemudian, variabel confirmation menghasilkan hubungan yang signifikan terhadap perceived usefulness dan trust, tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap satisfaction dan perceived risk. Sedangkan perceived risk berpengaruh signifikan terhadap trust namun tidak signifikan terhadap satisfaction.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectE-walleten_US
dc.subjectExpectation Confirmation Modelen_US
dc.subjectconfirmationen_US
dc.subjectperceived usefulnessen_US
dc.subjectsatisfactionen_US
dc.subjectperceived risken_US
dc.subjecttrusten_US
dc.subjectniat melanjutkan penggunaan e-walleten_US
dc.titleAnalisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Niat Melanjutkan Penggunaan E-Walleten_US
dc.Identifier.NIM17312156


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record