dc.contributor.advisor | Muamar Nur Kholid, S.E., M.Ak., Akt. | |
dc.contributor.author | Afifah Wafir Dhia | |
dc.date.accessioned | 2021-07-27T04:12:07Z | |
dc.date.available | 2021-07-27T04:12:07Z | |
dc.date.issued | 2021-03-10 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/30875 | |
dc.description.abstract | Dompet digital atau biasa disebut dengan e-wallet merupakan implementasi
perangkat lunak yang memperbolehkan pengguna untuk menyimpan uang secara
digital, melakukan pembayaran digital, dan berbagai jenis transaksi tanpa uang
tunai. Saat ini e-wallet berkembang cukup pesat, terlebih di kala pandemi COVID19
ini
yang
mengharuskan
pembatasan
untuk
berinteraksi
dengan
banyak
orang.
Penelitian
ini
bertujuan
untuk
mengetahui
faktor-faktor
yang
dapat
memengaruhi
niat
melanjutkan
penggunaan
e-wallet
sebagai
pilihan
platform
untuk
transaksi
pembayaran
digital
dengan
acuan
Expectation
Confirmation
Model
(ECM).
ECM
merupakan
model
pasca-penerimaan
untuk
mempelajari
dinamika
keyakinan
dan
sikap
pengguna
dalam
penggunaan
dan
penggunaan
kembali
suatu
sistem
teknologi.
Penelitian ini mengintegrasikan faktor dalam ECM yaitu
confirmation, perceived usefulness, dan satisfaction dengann perceived risk dan
trust. Untuk menganalisis hubungan antarvariabel secara lebih kompleks,
penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Pemilihan
sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan
convenience sampling, dengan kriteria sampel generasi milenial yang
menggunakan e-wallet untuk bertransaksi. Berdasarkan kriteria tersebut, diperoleh
sampel sebanyak 200 orang dengan metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel perceived
usefulness dan satisfaction terbukti berpengaruh signifikan terhadap niat
melanjutkan penggunaan e-wallet. Perceived usefulness juga berpengaruh
signifikan terhadap trust tetapi tidak signifikan terhadap satisfaction. Sedangkan,
variabel trust tidak berpengaruh terhadap niat melanjutkan penggunaan e-wallet
tetapi berpengaruh signifikan terhadap satisfaction. Kemudian, variabel
confirmation menghasilkan hubungan yang signifikan terhadap perceived
usefulness dan trust, tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap satisfaction dan
perceived risk. Sedangkan perceived risk berpengaruh signifikan terhadap trust
namun tidak signifikan terhadap satisfaction. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | E-wallet | en_US |
dc.subject | Expectation Confirmation Model | en_US |
dc.subject | confirmation | en_US |
dc.subject | perceived usefulness | en_US |
dc.subject | satisfaction | en_US |
dc.subject | perceived risk | en_US |
dc.subject | trust | en_US |
dc.subject | niat melanjutkan penggunaan e-wallet | en_US |
dc.title | Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Niat Melanjutkan Penggunaan E-Wallet | en_US |
dc.Identifier.NIM | 17312156 | |