Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Drs. H. Ahmad Darmadji, M.Pd,
dc.contributor.author14422079 Raju Sanjani Sihombing
dc.date.accessioned2021-07-27T03:22:09Z
dc.date.available2021-07-27T03:22:09Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/30860
dc.description.abstractStrategi pembelajaran merupakan sebuah perencanaan yang berisi serangkaian kegiatan yang didesain secara khusus ( baik metode ataupun pemenfaatan berbagai sumber daya ) untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dalam pendidikan formal, kita tahu bahwa guru sebagai administrator harus dapat melakukan program pendidikan dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, untuk mencapai program pendidikan yang diinginkan, guru diharapkan mempunyai beberapa strategi pembelajaran yang bisa menggugah siswa untuk belajar dengan enak dan menyenangkan. Untuk mencapai tujuan agar bisa meningkatkan motivasi siswa, maka diperlukan upaya yang lebih baik dari guru dalam memilih dan menerapkan strategi, metode dan media pembelajaran yang sesuai kompotensi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah : ( 1 ) mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama islam yang diterapkan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SD N Mutihan. ( 2 ) mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa di SD N Mutihan. ( 3 ) menyebutkan faktor-faktor yang menghambat dan penunjang dalam peningkatan motivasi belajar siswa di SD N Mutihan. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait, dimana dalam hal ini penulis menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keberhasilan guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SD N Mutihan banguntapan bantul sudah baik dan meningkat. Hal ini terlihat dari siswa yang awalnya malas mengikuti pelajaran dan memilih untuk keluar kelas, sekarang sudah semakin membaik, giat belajar dan banyak membaca. Siswa yang biasanya duduk-duduk pulang, saat sekarang sudah berani bertanya dan mengemukakan pendapatnya dalam proses pembelajaran. Dan juga tercermin dari akhlak para siswa yang mana siswa selalu ta’dzim kepada guru-gurunya dengan bersalaman setiap berjumpa. Artinya bahwa meningkatkan motivasi belajar siswa tidak hanya berbentuk nilai-nilai angka seperti di raport, namun lebih dari itu, motivasi juga berbentuk akhlak mereka dalam bermasyarakat dan memang hal inilah yang sangat diharapkan oleh SD N Mutihan untuk menjadi manusia-manusia yang berakhlakul karimah karena sesuai dengan visi dan misi sekolah. Kata kunci : Strategi Guru, Peningkatan, Motivasi Belajaren_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStrategi Guruen_US
dc.subjectPeningkatan Motivasi Belajaren_US
dc.titleStrategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SDN Mutihan Banguntapan Bantulen_US
dc.Identifier.NIM14422079


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record