Show simple item record

dc.contributor.advisorMir’atun Nur Arifah
dc.contributor.author16422173 Mila Ulfah Fadhila
dc.date.accessioned2021-07-27T00:24:00Z
dc.date.available2021-07-27T00:24:00Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/30825
dc.description.abstractMETODE PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK PADA PROGRAM BINA DIRI SISWA TUNAGRAHITA DI SDLB WIYATA DHARMA 3 NGAGLIK Oleh : Mila Ulfah Fadhila Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya penanaman nilai-nilai akhlak pada anak sedini mungkin sebagai fondasi untuk mencegah terjadinya krisis moral dan agama dimasa dewasanya. Namun, menjadi persoalan tersendiri dalam penanaman nilai-nilai akhlak pada siswa tunagrahita yang memiliki berbagai kekurangan. Rendahnya kemampuan akademis yang ada menjadikan anak tunagrahita memiliki gangguan belajar dalam proses menerima pembelajaran. oleh karena itu, bukan hal yang mudah seperti anak pada umumnya untuk bisa menanamkan nilai-nilai akhlak pada siswa tunagrahita, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama dan metode yang tepat untuk anak dapat memahami ataupun bisa mengamalkannya. Metode yang digunakan penelitian ini melalui pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan 2 guru agama. Objek penelitian ini berupa metode penanaman nilai-nilai akhlak pada program bina diri siswa tunagrahita. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi data. Analisis menggunakan tiga tahap, diawali dengan reduksi data, penyajian data, dan sampai akhirnya menarik kesimpulan. Teknik yang digunakan dalam penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu, sumber informan didapat dari informan yang mengetahui kondisi sesungguhnya dilapangan dilakukan dengan wawancara yang mendalam. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode penanaman nilai-nilai akhlak pada program bina diri siswa tunagrahita di SDLB Wiyata Dharma 3 Ngaglik adalah metode ceramah, teladan, pembiasaan, latihan, demostrasi, tugas, motivasi, nasehat, dan tanya jawab yang diterapkan pada program bina diri, seperti : program bina diri makan dan minum, membantu ibu di dapur, perawatan diri, berpakaian dan berhias diri, sikap bersahabat, dan keindahan ruangan rumah tangga dan sekitarnya. Adapun faktor penghambat dari segi internal sekolah adalah adanya minat dan mud siswa yang naik turun. Sedangkan, dari segi ekstenal sekolah yaitu adanya beberapa orang tua yang sibuk, sehingga tidak dapat secara maksimal ikut serta membantu dalam menjalankan program bina diri dengan mengarahkan anak-anaknya saat dirumah. Adapun faktor pendukung yaitu adanya prasarana yang memadai, dukungan orang tua baik sosial ataupun moral, dan antusias siswa yang tinggi. Kata kunci : Nilai-nilai Akhlak, Program bina diri, Tunagrahitaen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectNilai-nilai Akhlaken_US
dc.subjectProgram bina dirien_US
dc.subjectTunagrahitaen_US
dc.titleMetode Penanaman Nilai-Nilai Akhlak pada Program Bina Diri Siswa Tunagrahita di SDLB Wiyata Dharma 3 Ngagliken_US
dc.Identifier.NIM16422173


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record