dc.contributor.advisor | Widinda Normalia Arlianty | |
dc.contributor.author | 17614058 Fatma Agustina | |
dc.date.accessioned | 2021-07-27T00:00:18Z | |
dc.date.available | 2021-07-27T00:00:18Z | |
dc.date.issued | 2020 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/123456789/30818 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan penerapan model pembelajaran Pair Check dan Course Review Horay terhadap prestasi belajar peserta didik aspek pengetahuan; dan 2) mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan penerapan model pembelajaran Pair Check dan Course Review Horay terhadap kerjasama peserta didik pada materi Larutan Penyangga kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan tahun pelajaran 2019/2020. Desain penelitian ini adalah Quasi Experimental Design yaitu Posstest Only with Nonequivalent Groups Design. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan tahun pelajaran 2019/2020. Sampel dari penelitian berjumlah 57 peserta didik yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran Pair Check dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran Course Review Horay. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk data prestasi belajar aspek pengetahuan dengan bentuk instrumen soal objektif (pilihan ganda) sedangkan teknik non tes digunakan untuk data kerjasama dengan bentuk instrumen lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) tidak ada perbedaan yang signifikan penerapan model pembelajaran Pair Check dan Course Review Horay terhadap prestasi belajar peserta didik aspek pengetahuan; dan (2) tidak ada perbedaan yang signifikan penerapan model pembelajaran Pair Check dan Course Review Horay terhadap kerjasama peserta didik pada materi Larutan Penyangga kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan tahun pelajaran 2019/2020.
Kata Kunci: Pair Check, Course Review Horay, Prestasi Belajar, Kerjasama, Larutan Penyangga | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Pair Check | en_US |
dc.subject | Course Review Horay | en_US |
dc.subject | Prestasi Belajar | en_US |
dc.subject | Kerjasama | en_US |
dc.subject | Larutan Penyangga | en_US |
dc.title | Studi Komparasi Model Pembelajaran Pair Check dan Course Review Horay terhadap Prestasi Belajar dan Kerjasama Peserta Didik pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan Tahun Pelajaran 2019/2020 | en_US |
dc.Identifier.NIM | 17614058 | |