Pengaruh Persepsi dan Perilaku Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah terhadap Eksistensi Baitul Mal Wa Tamwil (BMT) di Kecamatan Sukoharjo
Abstract
Keberadaan lembaga keuangan mikro syariah khususnya Baitul Mal Wa Tamwil (BMT) belum sepenuhnya diketahui oleh masyarakat. Persepsi dan perilaku pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Sukoharjo mengenai BMT masih minim, karena kurangnya pengetahuan dan minat terhadap BMT. Hal tersebut mengakibatkan eksistensi BMT belum maksimal. Sehingga tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh persepsi dan perilaku pengusaha mikro kecil terhadap eksistensi Baitul Mal Wa Tamwil (BMT) di Kecamatan Sukoharjo dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Variabel yang digunakan adalah variabel X (persepsi), variabel Y (eksistensi), dan variabel intervening (perilaku). Sumber data yang digunakan adalah data primer yang menggunakan kuisioner untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Dengan populasi seluruh pengusaha mikro kecil dan menengah di Kecamatan Sukoharjo. Metode pengambilan sampel menggunakan metode non-probability. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda, kemudian dilakukan analisis menggunakan analisis jalur dan uji sobel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi berpengaruh positif terhadap perilaku, persepsi secara langsung berpengaruh positif terhadap eksistensi BMT, persepsi melalui perilaku berpengaruh positif terhadap eksistensi BMT.
Kata Kunci: persepsi, perilaku, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), eksistensi, Baitul Mal Wa Tamwil (BMT).
Collections
- Islamic Economics [827]