Show simple item record

dc.contributor.advisorSupriyanto Abdi
dc.contributor.author16422130 Nur Rohmah Noviani
dc.date.accessioned2021-07-26T23:05:01Z
dc.date.available2021-07-26T23:05:01Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/30815
dc.description.abstractPENERAPAN METODE AS-SAM’IYYAH ASY-SYAFAWIYAH DAN DAMPAKNYA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI BAHASA ARAB SISWA KELAS 9A MTsN 9 SLEMAN Oleh: Nur Rohmah Noviani Bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur‟an yang sudah tidak asing di kalangan umat Muslim sedunia. Seiring berkembangnya zaman, bahasa Arab sudah dianggap penting untuk dipelajari. Bahkan pembelajaran bahasa Arab tidak hanya dilakukan ketika mengaji saja, akan tetapi sudah menjadi mata pelajaran wajib di beberapa sekolah tertentu. Dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas, tentunya diperlukan metode pembelajaran yang tepat agar siswa dapat memahami dan tercapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Salah satunya dengan diterapkannya metode audiolingual atau as-sam’iyyah asy-syafawiyah. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengungkap: 1. Bagaimana penerapan metode as-sam’iyyah asy-syafawiyah dalam pembelajaran bahasa Arab pada kelas 9A di MTsN 9 Sleman?, 2. Bagaimana dampak dari penerapan metode as-sam’iyyah asy-syafawiyah terhadap kemampuan memahami materi bahasa Arab pada kelas 9A di MTsN 9 Sleman? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode as-sam’iyyah asy-syafawiyah dan dampaknya terhadap kemampuan memahami materi bahasa Arab bagi siswa kelas 9A di MTsN 9 Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru mata pelajaran Bahasa Arab dan beberapa siswa kelas 9A. Penentuan informan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik purposive. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode as-sam’iyyah asy-syafawiyah dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas 9A MTsN 9 Sleman cukup menarik karena dipadukan dengan disiplin belajar sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan terfokus. Namun demikian, kemampuan akhir setiap anak menemui beberapa perbedaan karena dipengaruhi oleh beberapa faktor tertentu salah satunya faktor kegiatan pembelajaran di kelas yang kurang kondusif sehingga diperlukan ketegasan tertentu dalam penerapannya. Akan tetapi secara garis besar penerapan metode ini memiliki dampak postif yang cukup baik untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi bahasa Arab. Kata kunci: Metode As-Sam’iyyah Asy-Syafawiyah, Kemampuan Pemahaman, Bahasa Araben_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMetode As-Sam’iyyah Asy-Syafawiyahen_US
dc.subjectKemampuan Pemahaman, Bahasa Araben_US
dc.titlePenerapan Metode As-Sam’iyyah Asy-Syafawiyah dan Dampaknya dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Materi Bahasa Arab Siswa Kelas 9a MTsN 9 Slemanen_US
dc.Identifier.NIM16422130


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record