Hambatan Guru terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual di MTs YAPI Pakem
Abstract
HAMBATAN GURU TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL DI MTS YAPI PAKEM
Oleh :
Maulidya Hazna
Media pembelajaran merupakan salah satu alat yang digunakan guru untuk mempermudah proses belajar mengajar di sekolah, terutama media audio visual sebagai fasilitas media pembelajaran yang sudah diberikan oleh pihak sekolah. Namun masih ada beberapa guru yang masih belum atau tidak menggunakan media audio visual sebagai alat untuk mempermudah proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini akan mengungkap: 1. Hambatan guru dalam penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual di MTs YAPI Pakem, 2. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam penggunaan media audio visual di MTs YAPI Pakem.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini adalah guru yang memiliki hambatan terhadap penggunaan media audio visual di MTs YAPI Pakem. Teknik yang digunakan dalam menentukan informan penelitian ini yaitu menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu jenis dari sampel non probabilitas atau di tentukan sendiri oleh peneliti. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara dan dokumentasi. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya beberapa Hambatan yang dihadapi guru dalam penggunaan media audio visual yaitu kurangnya pengetahuan guru, kurangnya keterampilan guru, kurangnya waktu, serta merasa nyaman dengan metode lain. Upaya atau usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi hambatan yang terjadi pada guru ketika menggunakan media audio visual adalah yang pertama dapat dimulai dari Belajar secara mandiri, dan melakukan pelatihan yang menyangkut ilmu teknologi.
Kata Kunci : Media audio visual, Hambatan, Upaya/usaha
Collections
- Islamic Education [863]