dc.description.abstract | ANALISIS KECERDASAN SPIRITUAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 LUMAJANG
Oleh :
Ratih Widya Handayani
Latar Belakang penelitian ini bahwa kecerdaan spiritual dan kecerdasan emosional amatlah penting bagi peserta didik dapat membantu siswa dalam menghadapi dan memecahkan permasalahan yang dialami dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sosialnya terutama. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana gambaran dan faktor apa saja yang mendukung perkembangan kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional peserta didik di SMPN 1 Lumajang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk dalam jenis deskriptif kuantitatif. Lokasi dari penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Lumajang, dengan responden penelitiannya adalah peserta didik kelas 8. Penentuan sampel menggunkan teknik simple random sampling. Variabel yaang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel tunggal yaitu kecerasan spiritual dan kecerdasan emosional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket yang pengambilan datanya disebarkan kepada reponden secara online menggunakan google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi deskriptif kuantitatif .
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Data distribusi frekuensi diatas diperoleh sebanyak 47 anak (30%) Tinggi antara kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional, 82 anak (52%) cukup cukup tinggi antara kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional, 26 anak (16%) kurang tinggi antara kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional, 3 anak (2%) tidak tinggi antara kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional. Nilai rata – rata sebesar 110,26 yang terletak pada interval 100 < X ≤ 116,5, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional peserta didik di SMPN 1 Lumajang adalah cukup tinggi.
Kata Kunci : Kecerdasan Spirtual, Kecerdasan Emosional. | en_US |