Penerapan Metode A MA BA dalam Menghafal Al-Qur’an pada Anak Tunarungu di TPA Iqro’ Nur ‘Aini Bantul
Abstract
PENERAPAN METODE A MA BA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA ANAK TUNARUNGU DI TPA IQRO NUR ‘AINI BANTUL
Oleh:
Mohammad Rizal Ahnafi Aflah
Setiap manusia mempunyai kedudukan yang sama dalam hal untuk mendapatkan pendidikan dan pengajaran. Anak bekebutuhan khusus juga memiliki hak dalam mendapatkan pendidikan dan pengajaran khususnya dalam menghafal Al-Qur’an. Metode menghafal Al-Qur’an yang baik akan membantu Anak Tunarungu dalam menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses, hasil, dan dampak penerapan metode A MA BA dalam menghafal Al-Qur’an di TPA Iqro’Nur Aini
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan grounded theory. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Variabel dalam penelitian ini adalah Metode A MA BA dan Menghafal Al-Qur’an. Teknik Analisis data yang digunakan pada penelitian ini bersifat sistematis dan mengikuti format standar yaitu pengodean terbuka, pengodean berporos, dan pengodean selektif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan Metode A MA BA dalam menghafal Al-Qur’an pada anak tunarungu di TPA Iqro’ Nur ‘Aini harus melalui tahapan asesmen terlebih dahulu untuk mengetahui kemampuan anak dan ditindaklanjuti dengan terapi wicara. Hasilnya adalah anak tunarungu mendapatkan 6 keunggulan secara bersamaan yaitu anak bisa membaca tulisan arab, anak bisa membaca tulisan latin, anak bisa menulis dengan tulisan arab, anak bisa menulis tulisan latin, kemampuan wicara meningkat, dan anak juga bisa juga berisyarat. Kendalanya adalah anak tunarungu terkadang suaranya hilang karena belum mampu mengontrol suara dan terkadang lupa kosakata. Untuk mengatasi kendala tersebut adalah dibantu dengan kode atau isyarat yang ada di dalam buku Metode A MA BA.
Kata Kunci: Metode A MA BA, Menghafal Al-Qur’an, Anak Tunarungu
Collections
- Islamic Education [882]