Show simple item record

dc.contributor.advisorSiska Sulistyorini
dc.contributor.author16422078 Nanda Khoirunisa
dc.date.accessioned2021-07-26T08:17:39Z
dc.date.available2021-07-26T08:17:39Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/30809
dc.description.abstractPENERAPAN STRATEGI MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMEBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 MANGGAR Oleh: Nanda Khoirunisa Proses pembelajaran merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan aktivitas dan kreativitas peserta didik melalui interaksi dan pendekatan yang diberikan oleh guru untuk pengembangan kreativitas peserta didik. Namun pada kenyataannya guru lebih menekankan kegiatan pembelajaran dalam ranah kognitif saja sehingga aspek-aspek lainnya seperti ranah afektif dan psikomotorik kurang mendapatkan perhatian oleh guru dan peserta didik hanya memfokuskan pembelajarannya pada taraf pengetahuan saja. Hal ini disebabkan karena suasana kelas yang cenderung berpusat pada guru, meskipun guru sudah memakai media dalam pembelajaran namun guru kurang optimal dalam mengadakan variasi metode pembelajaran, maka dari itu solusinya dengan cara menerapkan strategi pembelajaran yang mampu memotivasi siswa, membuat siswa aktif dan memiliki tanggung jawab akan tugasnya serta menghargai orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dengan penerapan strategi pembelajaran mind mapping. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu terdapat kegiatan siklus I dan siklus II dengan desain penelitian yang digunakan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Objek dari penelitian ini ialah peserta didik kelas XI 5 di SMAN 1 Manggar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi mind mapping dapat meningkatkan pemahaman siswa di kelas XI 5. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil dalam mengerjakan soal-soal evaluasi pembelajaran yaitu terdapat peningkatan dari setiap proses kegiatan dari siklus I dengan jumlah rata-rata 93,84 menjadi 98,46 pada siklus II. Hasil penelitian ini dapat menjadi rekomendasi bagi pihak sekolah, guru, siswa dan peneliti untuk mengembangkan proses pembelajaran PAI yang lebih menarik dan menyenangkan sehingga dapat menumbuhkan dan meningkatkan pemahaman siswa. Kata Kunci: mind mapping, pemahaman siswaen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectmind mappingen_US
dc.subjectpemahaman siswaen_US
dc.titlePenerapan Strategi Mind Mapping dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Manggaren_US
dc.Identifier.NIM16422078


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record