Show simple item record

dc.contributor.advisorImam Mujiono
dc.contributor.author16422071 Atika Widyastuti
dc.date.accessioned2021-07-26T06:38:40Z
dc.date.available2021-07-26T06:38:40Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/30808
dc.description.abstractPERSEPSI GURU TENTANG KONSEP MERDEKA BELAJAR MENDIKBUD NADIEM MAKARIM DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS NEGERI 3 SLEMAN Oleh : Atika Widyastuti Kebijakan baru yang dicetuskan Mendikbud Nadiem Makarim ketika masa awal jabatannya menimbulkan persepsi di semua kalangan masyarakat terkhusus bidang pendidikan, oleh karena itu peneliti ingin mengangkat dan mencari tahu persoalan tersebut di salah satu lembaga pendidikan yang berlokasi di MTs N 3 Sleman untuk mengetahui pandangan guru PAI tentang konsep Merdeka Belajar Mendikbud tersebut. Merdeka Belajar adalah kemerdekaan berpikir, yang berawal dan berakhir dari guru, beliau mengajak elemen pendidikan untuk berperan serta memajukan pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan pelaksanaan guru tentang konsep Merdeka Belajar Mendikbud Nadiem Makarim dalam Pendidikan agama islam di MTs N 3 Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskriptifkan fenomena suatu kondisi dilapangan, Informal penelitian ini menggunakan teknik Purposive sampling, dan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan datanya menggunakan teknik analisis yaitu Reduction, display, dan Verification. Hasil penelitian ini adalah : 1) para guru PAI di MTs N 3 Sleman, memiliki persepsi positif tentang konsep Merdeka Belajar Mendikbud Nadiem Makarim yang tercermin pada kesediaan mengikuti kebijakan yang ada, 2) Pembuatan Rencana Pelaksanan Pembelajarn (RPP) dengan konsep Merdeka Belajar Mendikbud Nadiem Makarim dilakukan dengan langkah-langkah seperti mengadakan Workshop, peningkatan kompetensi, dan mutu guru, misalnya pembinaan dari pengawas, Kasidik, dan MGMP, 3) Pelaksanaan Pembelajaran aktif secara daring dilakukan dengan memperbanyak teknik pembelajaran interaktif dan komunikatif, dengan menggunakan media pembelajaran. Kata kunci : Persepsi Guru, Konsep, Merdeka Belajaren_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPersepsi Guruen_US
dc.subjectKonsepen_US
dc.subjectMerdeka Belajaren_US
dc.titlePersepsi Guru tentang Konsep Merdeka Belajar Mendikbud Nadiem Makarim dalam Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri 3 Slemanen_US
dc.Identifier.NIM16422071


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record