Show simple item record

dc.contributor.advisorSri Haningsih
dc.contributor.author16422158 Hanifatun Aziizah
dc.date.accessioned2021-07-23T09:47:43Z
dc.date.available2021-07-23T09:47:43Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/30766
dc.description.abstractIdealnya mahasiswa tetap memperhatikan program ta’lim yang diadakan oleh kampus karena hal ini akan menjadi bekal kehidupan. Namun kesadaran untuk memahami ilmu keagamaan masih kurang. Pada kenyataannya mahasiswi memiliki kesibukan masing-masing diluar jam perkuliahan baik itu tugas, atau kegiatan organisasi. Maka perlunya metode yang tepat guna mempermudah dan melancarkan proses menghafalkan kosakata juz 30. Oleh karena itu, peneliti bermaksud untuk meneliti bagaimana metode tikrar itu diterapkan agar mahasiswi mampu menghafal kosakata juz 30. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan participant observation dimana peneliti berperan sebagai human instrument. Subjek penelitian ini mahasiswi ta‟lim kelompok 29 Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UII yang berjumlah 7 orang. Penentuan informan atau subjek pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive-sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi metode tikrar dalam menghafal kosakata Al-Qur‟an juz 30 pada mahasiswi FMIPA UII kelompok 29 sudah dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan teori dengan persiapan dan pelaksanaan yang terukur, diantaranya implementasi kosakata juz 30 ini dengan melalui 2 siklus. Siklus I meliputi perencanaan, observasi awal, dan penyampaian materi. Kedua, pelaksanaan, penyetoran hafalan dengan muallimah. Ketiga, pengamatan, terhadap perilaku mahasiswi dalam menghafal Al-Qur‟an. Keempat, refleksi, evaluasi tahap awal. Sedangkan siklus II meliputi: pertama perencanaan berupa target akhir, kedua, pelaksanaan menggunakan aplikasi Zoom Meet dan video call. Ketiga, pengamatan terhadap hafalan kosakata mahasiswi. Keempat, refleksi penilaian hasil pembelajaran. Efektivitas implementasi metode tikrar dalam menghafal kosakata Al-Qur‟an Juz 30 berdasarkan hasil penjabaran nilai yang diperoleh selama taklim yang diadakan sebanyak 4 kali pertemuan, penggunaan metode tikrar untuk menghafal kosakata Al Qur‟an juz 30 sudah mencapai target dengan angka keberhasilan 100%. Dari 7 orang mahasiswi semua telah mencapai target nilai yaitu 4. Namun keefektivan ini bisa mendapatkan hasil yang maksimal bila muallim/muallimah bisa berinteraksi dengan baik kepada mahasiswa bimbingannya. Kata Kunci: Implementasi, Metode tikrar, Menghafal kosakataen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectImplementasi Metode Tikraren_US
dc.subjectMeningkatkan Hasil Belajaren_US
dc.subjectMotivasi dalam Menghafal Kosakata Al-Qur’an Juz 30en_US
dc.subjectMahasiswa Ta’lim Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UIIen_US
dc.titleImplementasi Metode Tikrar untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi dalam Menghafal Kosakata Al-Qur’an Juz 30 pada Mahasiswa Ta’lim Kelompok 29 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UIIen_US
dc.Identifier.NIM16422158


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record