Implementasi Pembelajaran E-Learning pada Saat Pandemi Covid-19 di MAN 2 Sleman Yogyakarta
Abstract
Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan berdampak pada dunia membuat kementrian Pendidikan dan kebudayaan dan kementrian Agama Republik Indonesia menerapkan kebijakan belajar dan bekerja dari rumah (Work from home). Menyikapi kebijakan tersebut maka MAN 2 Sleman mengadakan sosialisasi E-Learning dan di dalam acara tersebut MAN 2 Sleman menyatakan siap untuk pembelajaran E-Learning pada saat pandemi Covid-19 ini. oleh karena itu tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi Pembelajaran E-Learning pada saat pandemi Covid-19 di MAN 2 Sleman sudah mengimplementasi atau belum setelah dilakukanya sosialisasi tersebut
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitiannya sendiri berjumlah 23: kepala madrasah, 6 guru dan 16 peserta didik. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling dengan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Pembelajaran E-Learning pada saat pandemi Covid-19 di MAN 2 Sleman Yogyakarta setelah melakukan soaliasi, sudah mampu mengimplementasikan pembelajaran E-learning dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan melakukan 3 tahapan: tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahapan evaluasi. Namun, terdapat beberapa kendala seperti belum maksimalnya sumber daya manusia dalam pembelajaran E-learning dan kuota internet yang terbatas bagi peserta didik.
Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran, E-Learning, Covid-19
Collections
- Islamic Education [864]