Pengaruh Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Spiritualitas Siswa Kelas VIII di SMPN 3 Samarinda
Abstract
Peranan keluarga sangat besar dalam pengembangan dan penanaman nilai spiritualitas kepada anak. Disisi lain sekolah menjadi bagian dari proses ini sehingga banyak keluarga yang memberikan hak penuh kepada sekolah. Selain peran keluarga yang sangat penting, peran seorang guru dan pihak sekolah juga sangat dibutuhkan, dikarenakan SMP Negeri 3 Samarinda masih kurangnya transformasi pengetahuan yang begitu banyak dalam spiritualitas kepada siswa.keberadaan siswa dan guru yang secara relavan sesuai dengan keadaan peneliti sewaktu berada di sekolah tersebut. Penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan dan memaknai Pengaruh Efektivitas Pembelajaran PendidikanAgama IslamTerhadap Spiritualitas Siswa Kelas VII di SMPn 3 SAMARINDA.
Pendekatan yang digunakan dalam pendekatan kuantitatif, yaitu data penelitian meliputi angka-angka dan analisis menggunakan statistic. responden yang akan di ambil pada penelitian ini adalah Siswa SMPn kelas VIII. peneliti menetapkan 2 variabel penelitian yang terdiri dari dua variabel, yaitu variabel bebas (Indevenden) pengaruh Efektivitas Pelajaran siswa sebagai proses pembelajaran di dalam kelas. dan variabel terikat (devenden) Spiritualitas siswa.
Hasil penelitian data dan analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa Pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebesar 23.4% terhadap spiritualitas para siswa, dari hasil perhitungan nilai Fhitung 30,520 dan Ftabel 3,94 pada taraf signifikan 5%. Data signifikan dapat dilihat dari taraf kesalahan 5% ɑ<0,05 dengan taraf signifikansi 0,000<0,05 maka Ha ditolak dan Ho diterima “efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam diduga tidak berpengaruh terhadap spiritualitas” yang berarti tingkat pembelajaran pendidikan agama islam berpengaruh terhadap spiritualitas siswa kelas VIII di SMP Negeri 3Samarinda.
Kata Kunci : Efektivitas Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Spiritualitas
Collections
- Islamic Education [864]