Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Dra. Junanah, MIS.
dc.contributor.author16913105 Akhmad Rumkhin
dc.date.accessioned2021-07-21T10:16:21Z
dc.date.available2021-07-21T10:16:21Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/30678
dc.description.abstractMTs N 1 Purworejo merupakan sekolah dibawah naungan Kementrian Agama yang menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru Bahasa Arab bahwa akhir-akhir ini hampir dari 50 % siswa mulai tidak semangat mengikuti pembelajaran Bahasa Arab. Hal demikian disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya metode pembelajaran yang dilakukan kurang menarik dan masih menitik beratkan pada guru sebagai pusat penguasaan materi. Hal ini juga berpengaruh dengan proses maupun hasil pembelajaran, dimana banyak siswa hanya asal mengikuti pelajaran bahkan tidak konek ketika dikasih materi. Pendewasaan dalam mengikuti pembelajaran maupun mental dalam bertanggung jawab masih kurang. Para siswa masih berfikir bahwa sekolah itu bukan suatu amanah yang harus dijalankan dengan sepenuh hati. Melihat keadaan yang demikian maka perlu beberapa pendekatan dalam pembelajaran agar peserta didik bisa tahu dan paham bahwa pendidikan adalah suatu hal yang harus dijalankan dan dipenuhi agar menjadi orang yang berkarakter dan sukses dimasa yang akan datang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu lebih menekankan realitas sosial sebagai sesuatu yang utuh, komplek, dinamis, dan bersifat interaktif, untuk meneliti kondisi obyek yang alamiah. Adapun pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan fenomenologis secara konseptual adalah sebuah studi tentang penampakan sebuah obyek, peristiwa, atau kondisi dalam persepsi individu. Cara yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumen. Dalam pengujian keabsahannya peneliti menggunakan tekhnik credibility, transferability, dependability dan confirmability agar dapat menjadikan kesimpulan yang didinginkan. Maka dapat memberikan kesimpulan bahwa pendekatan SAINTIFIK dalam pembelajaran Bahasa Arab belum dijalankan secara maksimal ada beberapa guru yang masih menggunakan metode yang berfokus pada guru dan materi sehingga banyak siswa yang mulai jenuh dengan pelajaran Bahasa Arab. Kata Kunci: Madrasah Tsanawiyyah, Bahasa Arab dan pendekatan SAINTIFIKen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMadrasah Tsanawiyyahen_US
dc.subjectBahasa Araben_US
dc.subjectpendekatan SAINTIFIKen_US
dc.titlePenerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VIII di MTs N 1 Purworejoen_US
dc.Identifier.NIM16913105


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record