Pengembangan Dan Validasi Awal Skala Organisasi Autentik
Abstract
Organisasi autentik adalah organisasi yang mampu menemukan dan melestarikan nilai utama
organisasi untuk mencapai tujuan dan beradaptasi terhadap perubahan lingkungan. Alat ukur tentang
organisasi autentik masih terbatas karena konsep ini merupakan konsep baru dan belum banyak
dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan dan validasi alat ukur organisasi
autentik. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan pengukuran validitas isi, validitas konstrak,
validitas konkuren dan analisis reliabilitas. Validitas isi dikonfirmasi melalui validator ahli, validitas
konstrak dibuktikan dengan analisis faktor eksploratori, validitas konkuren diuji dengan
membandingkan alat ukur ini dengan alat ukur Organizational Culture Assessment Instrument (OCAI), dan
reliabilitas dilakukan menggunakan metode alpha cronbach. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah
358 orang pegawai organisasi milik pemerintah dan swasta. Para validator ahli menganggap bahwa isi
semua item relevan, meskipun disarankan melakukan beberapa perbaikan. Analisis faktor eksploratori
pada 32 item menunjukkan 23 item memenuhi syarat untuk digunakan dan 9 aitem perlu dihapus.
Aitem yang memenuhi syarat dibagi menjadi 4 faktor yaitu kejujuran (Truthfulness), ketangguhan
(Resilience), keramahan terhadap ketidakpastian (Uncertainty friendly), dan keunggulan, (Eminence.) Nilai
koefisien alpha cronbach adalah 0.986. Berdasarkan hasil tersebut maka alat ukur yang dikembangkan
terdiri dari 4 faktor dengan validitas dan reliabilitas yang baik.
Collections
- Master of Psychology [344]